• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 4 Agustus 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 4 Agustus 2021

Di rumah sakit Kota Bandung tersisa 933 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Penulis Sarah Ashilah4 Agustus 2021


BandungBergerak.idKota Bandung hari ini masih zona merah penularan Covid-19. Tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 di rumah sakit rujukan masih dibayangi melonjaknya jumlah pasien baru.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Rabu (4/8/2021) pukul 09.30 WIB, saat ini ada 23 rumah sakit yang menyiapkan tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit Kota Bandung.

Dari total 2.182 unit tempat tidur Covid-19 di dua puluh tiga rumah sakit, tersisa 933 unit tempat tidur berstatus kosong yang terdiri dari ruangan isolasi, ICU, dan NICU.

Meski berstatus kosong, tidak serta-merta tempat tidur tersebut bisa langsung diakses warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi.

Baca Juga: Data Lengkap Perubahan Suhu Rata-rata Kota Bandung 1975-2020, Bertambah 3 Derajat Celcius dalam 46 Tahun!
Segudang Pekerjaan Rumah di balik Penghargaan tentang Anak yang Diraih Kota Bandung

Dari ke-22 rumah sakit di Kota Bandung, hari ini ada 15 rumah sakit yang bisa menerima pasien Covid-19 di IGD. Lima di antaranya adalah, RS Umum Pusat dr. Hasan Sadikin (RSHS) dengan 40 unit tempat tidur Covid-19 kosong di IGD, 11 unit di IGD RS Umum Santosa Hospital Bandung Central, 8 unit di IGD RS Umum Al-Islam, 12 unit di RS Umum Pindad, dan 7 unit di RS Umum Bhayangkara Tk.II Sartika Asih.

Saat dikonfirmasi BandungBergerak.id, petugas RS Umum Al-Islam membenarkan keberadaan tempat tidur berstatus kosong tersebut. Ia juga menginformasikan, bahwa pihak rumah sakit dapat menerima pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan.

Begitupun di RS Umum Santosa Hospital Bandung Central, kedatangan pasien Covid-19 yang sudah mulai menurun membuat pihak rumah sakit lebih leluasa menerima pasien baru. Tetapi, petugas menambahkan, untuk ketersediaan tempat tidur di ruangan ICU masih penuh dalam periode harian.

Informasi ketersediaan tempat tidur Covi-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bia dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/.

Warga dapat memperoleh informasidan layanan terkait Covid-19 dengan menghubungi nomor pusat panggilan (call center) yang sdah disediakan pemerintah di 119 dan 112. Ketika wabah masih jauh dari reda, semua pihak diajak untuk semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

 

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//