• Narasi
  • Dukungan Teknologi Pengolahan Limbah Air Susu dan E-Commerce untuk UMKM

Dukungan Teknologi Pengolahan Limbah Air Susu dan E-Commerce untuk UMKM

Kelompok peneliti tim pengabdian Unpad mengembangkan teknologi untuk mengolah limbah pengolahan air susu menjadi serbuk whey protein.

Salsa Dila Fitria O

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pembicara dan peserta Workshop Pelatihan Digital Marketing dan E-Commerce yang diselenggarakan tim pengabdian Unpad. (Foto: Dokumentasi Tim Pengabdian Unpad)

17 Oktober 2023


BandungBergerak.id – Air susu adalah komponen penting dalam produksi susu dan produk turunan susu lainnya. Namun, dalam proses pengolahan susu, sering kali menghasilkan limbah berupa whey protein yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Tim Pengabdian Unpad melihat potensi besar dalam permasalahan produksi limbah ini dan mengambil langkah yang sesuai untuk dimanfaatkan menjadi sumber daya yang lebih bernilai dan efektif.

Safri Ishmayana selaku ketua pelaksana sekaligus dosen Departemen Kimia, FMIPA Unpad, mendapatkan bantuan hibah Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi, untuk berkontribusi dalam upaya ini dengan proyek pengabdian yang berfokus pada pemanfaatan limbah pengolahan air susu menjadi serbuk whey protein dan  dukungan sistem pelatihan e-commerce kepada UMKM Meinar Garachiz. Tujuan dari pengabdian ini antara lain untuk meningkatkan nilai guna limbah berupa serbuk whey protein, meningkatkan pengetahuan serta keterampilan kelompok usaha untuk pemasaran produk olahan susu, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi yang dapat meningkatkan perekonomian UMKM.

Workshop Pelatihan Digital Marketing dan E-Commerce oleh tim pengabidan Unpad. (Foto: Dokumentasi Tim Pengabdian Unpad)
Workshop Pelatihan Digital Marketing dan E-Commerce oleh tim pengabidan Unpad. (Foto: Dokumentasi Tim Pengabdian Unpad)

Pemanfaatan Limbah Pengolahan Air Susu

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam peran perguruan tinggi untuk turut serta dalam memajukan dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Pada program pengabdian berbasis masyarakat ini, kelompok penelitian pengabdian Unpad  mendampingi salah satu UMKM Meinar GaraChiz, salah satu home industry produk olahan susu, khususnya keju, yang didirikan oleh Ibu Lena Meinar sejak tahun 2015. Melalui penelitian dan pengembangan yang teliti, tim dari Pengabdian Unpad berhasil mengembangkan teknologi untuk mengolah limbah pengolahan air susu menjadi serbuk whey protein yang berkualitas tinggi.

Limbah whey dibuat menjadi serbuk dengan teknologi spray dryer sehingga dapat diolah menjadi produk bernilai jual lainnya. Di samping itu whey protein telah dikenal memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, seperti mendukung pertumbuhan otot, mengoptimalkan kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inisiatif ini tidak hanya membantu mengurangi limbah industri susu, tetapi juga menciptakan produk bernilai tambah yang dapat dijual ke pasar.

Baca Juga: Mengubah Limbah Minyak Goreng dan Cangkang Telur Menjadi Biodiesel
Mengapa Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif Harus Mengenal Hak Kekayaan Intelektual?
Membedah Peran Data bagi Perusahaan E-commerce

Dukungan Sistem Pelatihan E-Commerce

Selain permasalahan dalam proses pengolahan limbah air susu, Meinar Garachiz juga memiliki permasalahan terhadap proses marketing. Mereka masih menghadapi tantangan dalam memasarkan produk-produk mereka secara online.

Dalam kerja sama erat dengan Meinar Garachiz, Unpad menyediakan pelatihan dan bimbingan terkait penggunaan sistem e-commerce dalam workshop yang telah dilaksanakan pada 8 Agustus 2023 bertemakan "Workshop Pelatihan Digital Marketing dan E-Commerce" dengan tiga pembicara sesuai bidangnya. Pembicara pertama diisi oleh Nurul Fahma Saomi, S.Kel. dari Marketlab.id yang merupakan perusahaan konsultan digital marketing.  Nurul membawakan topik mengenai pelatihan pemasaran melalui e-commerce Shopee.

Selanjutnya pembicara kedua Indri Meilandi, S.Si., owner Indara Mediana Factory, yang membawakan materi Research & Development untuk Wirausahawan. Sementara pembicara terakhir yaitu Dr. Muhammad Fadhlillah, M.Si., pengajar mata kuliah Manajemen dan Kewirausahaan Departemen Kimia, FMIPA, Unpad, yang membawakan materi Penyusunan Strategi Pemasaran.

Secara keseluruhan, workshop tersebut bertujuan untuk memahami konsep e-commerce, membuat situs web yang menarik, mengelola inventaris online, dan strategi pemasaran online yang efektif. Dengan dukungan ini, Meinar Garachiz dapat memperluas jangkauan pasar mereka secara signifikan dan meningkatkan penjualan produk-produk susu dan makanan sehat mereka.

Penyerahan bantuan peralatan dari tim pengabdian Unpad oleh Safri Ishmayana  pada Lena Meinar dari UMKM Meinar GaraChiz. (Foto: Dokumentasi Dokumentasi Tim Pengabdian Unpad)
Penyerahan bantuan peralatan dari tim pengabdian Unpad oleh Safri Ishmayana pada Lena Meinar dari UMKM Meinar GaraChiz. (Foto: Dokumentasi Dokumentasi Tim Pengabdian Unpad)

Pengadaan Alat

Selain daripada dua permasalahan pemasaran dan produksi, UMKM Meinar GaraChiz juga mempunyai masalah mengenai ketersediaan alat dalam menunjang proses produksi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Melalui program pengabdian masyarakat, tim pengabdian Unpad membantu melakukan pengadaan alat yaitu pH Meter yang dapat digunakan untuk mengontrol kualitas bahan baku susu, mesin vaccum sealer untuk menunjang pengemasan produk jadi, serta peralatan penunjang lainnya.

Tim Pengabdian juga mempersiapkan alat horizontal mixer yang digunakan untuk membuat butter dari susu, sehingga Meinar GaraChiz dapat melakukan diversivikasi produk dengan adanya produk baru berupa butter. Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan pada 4 Oktober 2023, dilakukan oleh Safri Ishmayana selaku ketua pelaksana dan UMKM Meinar GaraChiz.

Inisiatif pengabdian Unpad dalam memanfaatkan limbah pengolahan air susu menjadi serbuk whey protein, pengadaan alat produksi untuk mendukung meningkatkan kualitas serta kuantitas produk, dan memberikan dukungan sistem pelatihan e-commerce untuk UMKM Meinar Garachiz merupakan contoh nyata bagaimana perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan ekonomi lokal. Dengan cara ini, Unpad tidak hanya membantu mengurangi limbah industri, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan kesuksesan UMKM yang berbasis produk susu. Ini adalah langkah positif dalam arah menuju pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//