• Kampus
  • ITB Membuka Beasiswa JFLS

ITB Membuka Beasiswa JFLS

Beasiswa JFLS merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan untuk masyarakat Jawa Barat.

Aula Barat ITB, bangunan hasil rancangan Maclaine Pont yang sudah satu abad umurnya, berdiri kokoh sebagaimana terlihat pada Selasa (11/5/2021).

Penulis Iman Herdiana31 Maret 2022


BandungBergerak.idSatu lagi program beasiswa dihadirkan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kali ini besiswa tersebut hasil kerja sama ITB bersama pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu beasiswa JFLS atau Jabar Future Leader Scholarship.

Program tersebut membuka kesempatan kepada masyarakat yang hendak melanjutkan pendidikan di ITB. Sosialisasi mengenai beasiswa tersebut disampaikan oleh Dani Finata salah seorang tim konseptor JFLS pada acara webinar Sekoleh Pascasarjana ITB, dikutip dari laman resmi ITB, Kamis (3/3/2022).

Secara umum beasiswa JFLS tidak hanya menawarkan beasiswa pascasarjana saja, melainkan juga menawarkan program sarjana juga. Beasiswa ini diselenggarakan untuk melahirkan calon pemimpin berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

Beasiswa JFLS diberikan secara khusus untuk masyarakat Jawa Barat yang berprestasi secara akademik ataupun nonakademik yang berkuliah di kampus mitra yang salah satunya ITB.

“Beasiswa yang diberikan berupa bantuan biaya pendidikan serta program pendampingan di setiap tahunnya. Beasiswa JLFS pascasarjana yang bisa mendukung perkuliahan pascasarjana di ITB yakni program bantuan biaya pendidikan S2 dan S3 masing-masing sebesar 50 juta (2 tahun) dan 72 juta (4 tahun),” ujar Dani.

Baca Juga: Beragam Beasiswa Universitas Widyatama
Mengenal Beasiswa Kemendikbudristek ICE Institute 2022
Persyaratan Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek 2021

Persyaratan Umum JFLS Pascasarjana

  1. Warga Jawa Barat
  2. Berusia maksimal 35 tahun untuk jenjang S2 dan 40 tahun untuk jenjang S3
  3. Memiliki LoA kampus tujuan
  4. Memiliki IPK minimal 2.75/4.00 (jenjang S2) dan 3.50/4.00 (jenjang S3)
  5. Membuat esai sesuai tema sebanyak 400 kata
  6. Membuat proposal penelitian berkaitan dengan 11 Prioritas Pembangunan Jabar
  7. Melampirkan surat rekomendasi dari atasan atau pembimbing akademik
  8. Memiliki sertifikasi bahasa Inggris: TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 65, TOEIC 600, atau IELTS 5.0
  9. Tidak menerima beasiswa dari pihak lain (yang berupa pembebasan biaya uang kuliah)
  10. Informasi selengkapnya dan pendafataran dapat diakses melalui https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id

Jabar Future Leaders Scholarship

Beasiswa JFLS merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan untuk masyarakat Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2, atau S3 yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Program ini diperuntukan bagi masyarakat yang berkedudukan di Jawa Barat dan berkuliah di Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai calon pemimpin di masa depan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan. Setiap mahasiswa nantinya akan menerima manfaat berupa bantuan biaya pendidikan serta program pendampingan di setiap tahunnya.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//