• Berita
  • ITB dan ITS Umumkan Terima Ribuan Mahasiswa Baru

ITB dan ITS Umumkan Terima Ribuan Mahasiswa Baru

Mahasiswa pemegang KIP Kuliah berarti akan mendapatkan pembebasan uang kuliah selama menjalankan studi di ITB.

Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha, Bandung, 11 Mei 2021. (Foto: Virliya Putricantika)

Penulis Iman Herdiana30 Juni 2021


BandungBergerak.idInstitut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengumumkan mahasiswa baru yang diterima pada berbagai jalur seleksi tahun 2021. Total mahasiswa baru yang diterima dua kampus teknik tertua di Indonesia ini sebanyak 4.695 orang.

Penerimaan mahasiswa baru ITB tahun ini sebanyak 1.634 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Mandiri ITB 2021. “Jumlah ini adalah 6,4 persen dari 25.642 peminat ITB melalui Seleksi Mandiri ITB,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB, Naomi Haswanto, dikutip dari siaran persnya, Rabu (30/6/2021).

Naomi mengatakan, berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN, di mana calon mahasiswa memilih fakultas/sekolah yang ada di ITB, pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), calon mahasiswa langsung memilih program studi yang diminatinya.

Program studi yang paling banyak menerima calon mahasiswa pada pelaksanaan SM-ITB 2021 adalah informatika (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika).

Sementara Fakultas/sekolah dengan rasio keketatan penerimaan tertinggi adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM). Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) merupakan fakultas/sekolah dengan rasio keketatan terendah.

Naomi Haswanto mengatakan, calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB 2021 berasal dari 33 provinsi di Indonesia. ITB mengharapkan dapat memiliki mahasiswa dari seluruh wilayah Tanah Air sebagai bagian usaha untuk meningkatkan kualitas SDM di seluruh Indonesia. 

“Ada 48 persen calon mahasiswa berjenis kelamin wanita. Selain itu, terdapat 323 mahasiswa baru atau 20 persen dari seluruh mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri ITB 2021 yang memegang Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah,” katanya.

Mahasiswa pemegang KIP Kuliah berarti akan mendapatkan pembebasan uang kuliah selama menjalankan studi di ITB. Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB 2021 akan dilaksanakan tanggal 19 – 24 Juli 2021 secara daring.

Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru sarjana terakhir untuk program sarjana reguler tahun akademik 2021/2022. Dua jalur lainnya yang telah selesai dilaksanakan adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada saat ini ITB masih memiliki satu jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana, yaitu program penerimaan kelas internasional. Informasi lebih lanjut mengenai program penerimaan ini dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.

Baca Juga: Syarat Dapat KIP Kuliah dan Daftar ke PTS
Syarat Program Beasiswa Aperti BUMN 2021

ITS Umumkan 3.061 Mahasiswa Baru 2021 dari Jalur SKMP

ITS telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru 2021 jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP), Sabtu (26/6/2021). Dari pengumuman tersebut, tercatat bahwa ITS menerima mahasiswa baru sebanyak 3.061 dari jalur SKMP ini.

Siti Machmudah, Direktur Pendidikan ITS, memaparkan dengan detail jumlah mahasiswa yang lolos di masing-masing jalur. Yakni dari jalur Kemitraan sebanyak 399 mahasiswa, jalur Mandiri sebanyak 2.555 mahasiswa, dan jalur Prestasi sebanyak 107 mahasiswa.

Dari total penerimaan mahasiswa baru jalur SKMP ini terdapat tiga jurusan dengan peminat terbanyak yakni Departemen Teknik dan Sistem Industri sejumlah 1.652 pendaftar, Departemen Teknik Informatika sebanyak 1.625 pendaftar, dan Departemen Sistem Informasi sejumlah 1.397 pendaftar.

Dengan adanya penambahan jalur masuk melalui prestasi pada SKMP 2021 ini, ITS sangat mengharapkan mahasiswa unggul yang telah terpilih melalui pemaparan prestasi saat pendaftaran, dapat terus meningkatkan prestasinya di kampus ITS nantinya.

Dosen yang akrab disapa Machmudah ini menyebutkan bahwa pada jalur SKMP ini penerimaan mahasiswa baru didasarkan pada nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 dan atau nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS, nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi-prestasi lainnya yang dimiliki oleh pendaftar. “Dikhususkan untuk peminat program studi (prodi) desain, kami wajibkan untuk mengunggah portofolio,” ujarnya.

Setelah calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITS dari jalur SKMP ini nantinya diwajibkan melakukan pengisian data secara daring dengan mengisi biodata dan mengunggah dokumen-dokumen yang telah disyaratkan oleh ITS. Syarat ini sama halnya dengan calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Kegiatan pengisian data sebagai bentuk pendaftaran ulang jalur SKMP akan dimulai per tanggal 28 Juni-1 Juli 2021. Dengan prosedur daftar ulang yang terdiri atas registrasi daring, verifikasi data ekonomi orang tua, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), pemeriksaan tes buta warna bagi program studi yang membutuhkan, verifikasi ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat hingga mencetak bukti daftar ulang.

“Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran ulang dapat diakses melalui portal smits.its.ac.id dan sipmaba.its.ac.id,” tambah dosen Departemen Teknik Kimia ini.

 

Editor: Redaksi

COMMENTS

//