• Kampus
  • Syarat Lengkap Beasiswa Hafiz Al Quran UII

Syarat Lengkap Beasiswa Hafiz Al Quran UII

Program beasiswa ini mentargetkan mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 atau lulusan pondok pesantren.

Kampus UII, Surakarta, Jawa Tengah. UII menyediakan beasiswa bagi mahasiswa barunya. (Dok. UII)

Penulis Iman Herdiana9 Juli 2021


BandungBergerak.idSalah satu program beasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) adalah Beasiswa Hafiz Al Quran. Program beasiswa ini mentargetkan mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 atau lulusan pondok pesantren Tahun Akademik 2020/2021 yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an minimal 15 juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi.

Jenis Beasiswa Beasiswa Hafiz Al Quran terdiri atas dua macam, yakni: Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz dan Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz.

Persyaratan Beasiswa Hafiz Al Quran UII  

Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA);

Calon mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 30 juz dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/pengasuh; Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/pengasuh;

Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII; Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz UII

Sebagai Penerima Beasiswa Hafiz Alquran 30 juz, mahasiswa berhak untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi: 

Bebas biaya Pendidikan di UII; Bebas Dana Catur Darma; Bantuan Biaya Hidup sebesar Rp 450.000;

Baca Juga: Persyaratan Seleksi CASN dan CPPPK Kemenag 2021
Mengenal 5 Beasiswa di Kampus Unpar

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

Dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA); Mahasiswa yang hafal Al-Qur’an 15 juz atau lebih yang dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/ pengasuh;

Menyerahkan rekomendasi dari mursyid/pengasuh; Lulus tes hafalan dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh UII; Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

Komponen Beasiswa Hafiz Alquran 15 Juz

Sebagai Penerima Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz, mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa yang meliputi:

Bebas biaya pendidikan di UII; Bebas Dana Catur Darma; Rincian dan besaran dana beasiswa ini ditetapkan dengan Keputusan Rektor berdasarkan usulan pengelola beasiswa (Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan – DPK UII).

Kuota penerima beasiswa Hafiz Al-Qur’an adalah 1 (satu) orang per program studi di UII. Jangka waktu pemberian beasiswa Hafiz Al-Qur’an UII:

Selama menempuh pendidikannya pada program sarjana di Universitas Islam Indonesia dan paling lama sampai semester 8 (delapan) secara berurutan; atau

Selama menempuh pendidikannya pada program diploma di Universitas Islam Indonesia dan paling lama sampai semester 6 (enam) secara berurutan;

Beasiswa akan dievaluasi tiap semester yang berupa evaluasi hafalan dan evaluasi akademik; Beasiswa dapat diperpanjang jika penerima beasiswa memenuhi kualifikasi minimal dalam proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan tiap semester oleh universitas.

Mekanisme Pendaftaran dan Seleksi

Secara umum, mekanisme pendaftaran untuk mengikuti seleksi Beasiswa Hafiz Al-Qur’an adalah dengan mengikuti proses pendaftaran dan seleksi pada pola Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA) sesuai ketentuan yang berlaku.

Seleksi Beasiswa Hafiz Al-Qur’an mencakup tes hafalan dan wawancara, dan diselenggarakan bersamaan dengan pola seleksi PHA. Apabila kuota penerima Beasiswa Hafiz Al-Qur’an untuk program studi sudah terpenuhi pada PHA I, maka kuota tersebut tidak dibuka untuk seleksi PHA II.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//