• Pemerintah
  • Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kabupaten Bandung per 20 Juli 2021

Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kabupaten Bandung per 20 Juli 2021

Saat ini tersisa 51 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong di rumah sakit di Kabupaten Bandung.

Penulis Sarah Ashilah20 Juli 2021


BandungBergerak.id - Situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Bandung masih jauh dari reda. Penambahan jumlah kasus positif terkonfirmasi terus berlangsung, membuat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit menipis.

Merujuk Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) Kementerian Kesehatan, diakses Selasa (20/7/2021) pukul 10.30 WIB, dari total 621 unit tempat tidur Covid-19 di tujuh rumah sakit di Kabupaten Bandung yang masih menyiapkan tempat tidur khusus pasien Covid-19, tersisa 51 unit tempat tidur berstatus kosong.

Meski tercatat berstatus kosong, tidak serta-merta tempat-tempat tidur itu bisa langsung dimanfaatkan warga. Pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit harus melewati tahap screening terlebih dulu di IGD. Maka hal yang perlu diperhatikan warga ketika mengecek ketersediaan tempat tidur lewat Siranap adalah memeriksa juga ketersediaan tempat tidur di IGD. Bukan hanya di ruangan isolasi.

Tercatat pada Siranap, di RSUD Kesehatan Kerja saat ini tersedia 4 unit tempat tidur kosong di IGD khusus Covid-19. Ketika BandungBergerak.id mengonfirmasinya, petugas rumah sakit membenarkan adanya 4 unit tempat tidur kosong yang bisa diakses warga melalui rujukan Sisrute.

Selain di RSUD Kesehatan Kerja, diketahui terdapat masing-masing 1 unit tempat tidur Covid-19 berstatus kosong di IGD RS Umum AMC dan RSUD Soreang.

Data ketersediaan tempat tidur Covid-19 yang kritis ini menegaskan makin pentingnya upaya sungguh-sungguh untuk mencegah laju penularan virus. Pemerintah dan warga memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing.

Baca Juga: Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Cimahi per 20 Juli 2021
Data Ketersediaan Tempat Tidur Covid-19 di Rumah Sakit Kota Bandung per 20 Juli 2021

Informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19 merupakan data dinamis yang terus berubah sepanjang waktu. Kondisi terkininya bisa dicek warga di situs resmi Sinarap Kemenkes di http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Warga Kabupaten Bandung yang membutuhkan informasi dan layanan terkait Covid-19, termasuk situasi kedaruratan, bisa menghubungi nomor 082118219287. Panggilan juga bisa ditujukan ke nomor kontak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bandung di 081294121893.

Editor: Redaksi

COMMENTS