• Cerita
  • KABAR DARI REDAKSI: Podcast Bersama Lingkar Literasi Cicalengka

KABAR DARI REDAKSI: Podcast Bersama Lingkar Literasi Cicalengka

Podcast Suara Pinggiran BandungBergerak.id kali ini menghadirkan pegiat dari Lingkar Literasi Cicalengka. Mereka berjibaku mengenalkan buku.

Laila Nursaliha (kedua kiri) dan Nurul Maria Sisilia (kedua kanan) dalam diskusi mempersiapkan Festival Buku Pasar Biru di Taman Baca Masyarakat (TBM) Pohaci, Nagrog, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Minggu (19/6/2022). (Foto: Virliya Putricantika/BandungBergerak.id)

Penulis Tim Redaksi1 Februari 2023


BandungBergerak.id - Membangun gerakan literasi melalui taman baca mungkin terdengar aneh di era yang serba digital ini. Buat apa buku di saat segudang informasi sudah bisa diakses dalam satu kepalan tangan. Namun teman-teman literasi dari Lingkar Literasi Cicalengka yakin bahwa buku yang terbuat dari lembaran-lembaran kertas tak bisa tergantikan oleh gawai.

Pada podcast Suara Pinggiran kali ini, BandungBergerak.id menghadirkan Lingkar Literasi Cicalengka yang mengusung semangat literasi di Bandung timur. Kominitas ini lahir atas inisiasi pendiri Rumah Baca Masyarakat (RBM) Kali Atas Agus Sopandi (almarhum) dan kawan-kawan.

Melalu Lingkar Literasi Cicalengka terjalin kegiatan bersama dengan rumah baca-rumah baca yang tumbuh di Cicalengka, mulai dari RBM Kali Atas sendiri, taman baca Pohaci, Cikahuripan, Rumah Peradaban, dan lain-lain.

Mereka setia menawarkan buku bacaan kepada warga sekitar. Misalnya lewat Nurul Maria Sisilia, Koordinator Lingkar Literasi Cicalengka, kita bisa mendengarkan cerita bagaimana mendekatkan buku dengan anak-anak. Sejak dini mereka dikenalkan dengan budaya membaca, budaya yang barangkali bisa luntur jika tidak ada usaha kuat mengenalkan buku-buku pada generasi muda.

“Yang namanya baca atau kesadaran literasi bukan karena banyaknya buku, tapi justru akses ke bukunya,” kata Nurul.

Baca Juga: KABAR DARI REDAKSI: Sebuah Ruang Kerja
KABAR DARI REDAKSI: Podcast Suara Pinggiran
KABAR DARI REDAKSI: Dua Kelas Menulis dan Banyak Hal Lain yang Akan Terjadi

Seiring dengan tumbuhnya ruang-ruang baca, maka kegiatan-kegiatan diskusi bermunculan. Dari sini, wawasan yang bersumber dari buku diperbincangkan, nalar diasah agar menjadi lebih peka dan kritis.

“Kalau saya percaya dengan membaca akan menajamkan indra,” kata Andrian Maldini Yudha, pegiat Lingkar Literasi Cicalengka lainnya.

Bergerak di bidang literasi seperti yang dilakukan teman-teman dari Lingkar Literasi Cicalengka terkadang – atau lebih sering – menempuh jalan sunyi sendirian. Suatu waktu mereka menghadapi kendala dana, di waktu lain bergelut dengan tenaga karena gerakan ini digerakkan relawan. Melalui podcast Suara Pinggiran kami yakin bahwa mereka tidak sendirian.

Podcast Suara Pinggiran bersama Koordinator Lingkar Literasi Cicalengka Nurul Maria Sisilia bisa disimak di YouTube BandungBergerak.id melalui tautan ini.

Editor: Iman Herdiana

COMMENTS

//