• Agenda
  • AGENDA BANDUNG: Mulai dari Ulang Tahun Majelis Sastra Bandung hingga Pendaftaran Kalabahu LBH Bandung, Januari-Februari 2024

AGENDA BANDUNG: Mulai dari Ulang Tahun Majelis Sastra Bandung hingga Pendaftaran Kalabahu LBH Bandung, Januari-Februari 2024

Agenda Bandung semarak dengan kegiatan komunitas. Mulai dari peringatan ulang tahun Majelis Sastra Bandung, pameran seni, pentas teater, hingga pendaftaran Kalabahu.

Majelis Sastra Bandung akan memperingati ulang tahun ke-15 di Gedung YPK atau Galeri Pusat Kebudayaan, Jalan Naripan 7-9 Bandung, Jumat 19 Januari 2024. (Desain: MSB)

Penulis Iman Herdiana15 Januari 2024


BandungBergerak.id - Agenda Bandung dalam beberapa pekan ke depan di awal tahun ini cukup semarak dengan kegiatan-kegiatan komunitas dan institusi pendidikan. Komunitas sastra Bandung Majelis Sastra Bandung atau MSB pekan ini akan memperingati 15 tahun usianya. Ada juga pameran seni rupa, pentas teater di Universitas Kristen Maranatha, pendaftaran pendaftaran Kalabahu (Karya Latihan Bantuan Hukum) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung.

15 Tahun Majelis Sastra Bandung

Sebagai komunitas yang cukup lawa, Majelis Sastra Bandung kini menginjak usia yang ke-15 tahun. Perkumpulan para penulis dan penyair ini menggelar peringatan bertajuk “Ngadua, Numpeng, dan Bahagia” yang akan diselenggarakan di Gedung YPK atau Galeri Pusat Kebudayaan, Jalan Naripan 7-9 Bandung, Jumat 19 Januari 2024 mulai pukul 15.00 WIB.

Helatan ke-15 tahun MSB ini berbeda dengan ulang tahun sebelumnya. Jika sebelumnya diisi dengan berbagai acara seperti membaca puisi, musik, teater, dan diskusi, maka pada ulang tahun kali ini MSB hanya menggelar doa dan “murak” tumpeng saja. 

Turut membuat greeting ucapan selamat ulang tahun ialah Arman Maulana dan sejumlah artis lainnya seperti Heppy Salma, Ikang Fawzi, dan Nurul Arifin.

Ratna M Rochiman, panitia acara menjelaskan mengapa acara hanya berisi doa saja, sebab, mengikuti kata Rois 'Am Majelis Sastra Bandung Kyai Matdon, "Kita berdoa dalam situasi yang sulit bagi rakyat di tengah gempuran kampanye para caleg."

“Namun demikian acara ini tetep penting kKrena bagaimana pun juga MSB telah mengisi ruang sastra di Kota Bandung untuk Indonesia dengan berbagai acara rutin yaitu pengajian sastranya setiap bulan,” terang Ratna.

Agenda Bandung berbagai komunitas mulai dari Januari hingga Februari 2024. (Desain Diolah: Reza Khoerul Iman/BandungBergerak.id)
Agenda Bandung berbagai komunitas mulai dari Januari hingga Februari 2024. (Desain Diolah: Reza Khoerul Iman/BandungBergerak.id)

Teater Topeng

Kelompok Teater Topeng mempersembahkan pementasan adaptasi dari karya Charles Dickens berjudul “A Christmas Carol”.  

Pementasan teater ini berlangsung di Universitas Kristen Maranatha. Sesi 2 dan 3 dijadwalkan 20 Januari 2024 pukul 12.00 WIB dan 17.00 WIB.

Pameran Seni Rupa  

Sejumlah seniman berpameran di Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi

The Cycle Breaker. Pameran berlangsung mulai 14-20 Januari 2024.

Pameran ini memamerkan karya seni rupa dari seniman Binar Falisha, Razan Mazaya, Fitria Rubiana, Kiki Soelaeman.

Baca Juga: CERITA ORANG BANDUNG #72: Irama Peluit Aji
Surat Protes Yamadipati Seno pada Kebobrokan Sepak Bola Indonesia
Setelah Bandang Menerjang Lamajang Peuntas

Pendaftaran Kalabahu LBH Bandung 

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung kembali membuka pendaftaran Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu). Acara tahunan kali ini mengusung tema “Bersatu Melepas Jerat Otoritarianisme dengan Peluasan Gerakan Bantuan Hukum Struktural”.

Pendaftaran Kalabahu berlangsung 5-17 Januari 2024

Pengumuman Seleksi Administrasi: 22 Januari 2024

Tes Tulis 23 Januari 2024

Tes Wawancara 24-31 Januari 2024

Pengumuman Kelulusan: 1 Februari 2024

Daftar Ulang: 5-9 Februari 2024.

Informasi selanjutnya mengenai Agenda Bandung bisa ditengok di media sosial masing-masing penyelenggara atau Instagram BandungBergerak.id.

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//