• Kampus
  • UPI Hibahkan Peralatan Studio Mini TVUPI ke Sejumlah Daerah di Jawa Barat

UPI Hibahkan Peralatan Studio Mini TVUPI ke Sejumlah Daerah di Jawa Barat

Salah satu fungsi TVUPI adalah untuk membuat video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan bagi sistem sekolah jarak jauh.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menghibahkan peralatan untuk membangun studio mini TVUPI ke sejumlah daerah di Jawa Barat. (Dok. UPI, 2021)

Penulis Iman Herdiana6 Januari 2022


BandungBergerak.idUniversitas Pendidikan Indonesia (UPI) menghibahkan peralatan untuk membangun studio mini TVUPI ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Salah satu fungsi TVUPI adalah untuk membuat video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk sekolah jarak jauh. Daerah yang mendapat hibah TVUPI ini antara lain Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Sumedang.

Ketua Pelaksana Riset Matching Fund VCDLN TVUPI, Deni Darmawan, mengatakan hibah tersebut merupakan bagian dari Program Matching Fund dengan tema “TVUPI-Android-IOS Sebagai Layanan PJJ, E-Learning-Blended melalui Multiplatform Mitra Industri dalam Bentuk VCDLN”. Ada 11 macam alat untuk membangun studio mini TVUPI.

“Peralatan akan disebar ke di sembilan Kabupaten/Kota. Satu diantaranya adalah Kabupaten Karawang,” kata Deni Darmawan, mengutip laman resmi UPI, Kamis (1/6/2022).

TVUPI merupakan hasil riset yang diinisiasi oleh Deni Darmawan dan rekan-rekannya dari kampus UPI, yaitu Dinn Wahyudin, Yana Setiawan, Andri Suryadi, dan Dian Rahadian. Kabupaten Karawang salah satu kabupaten yang terpilih mendapatkan peralatan TVUPI. Hibah ini diserahkan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Jalan Surotokunto.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas dan Sekretaris Disdikpora, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan serta para guru yang menjadi penggiat acara di TVUPI.

Menurut Deni, para guru akan dilatih lebih lanjut untuk mengisi program di studio TVUPI. Pelatihan diberikan oleh UPI melalui hibah Kedaireka-reka Cipta di PSBG (Pusat Sumber Belajar Guru) yang ada di Kabupaten Karawang.Ada 20 guru yang merupakan alumni UPI yang akan mengikuti program pelatihan lanjutan.

“Studio mini itu akan dijadikan tempat untuk membuat siaran-siaran online pembelajaran bagi PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK di lingkungan Kabupaten Karawang,” ungkapnya.

Daerah lain yang mendapatkan hibah ialah Purwakarta. Penyerahan dilakukan di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta, Jalan Veteran No. 1 Gang Beringin Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta.

Baca Juga: Problem Hiliriasi Hasil Riset Perguruan Tinggi, UPI Bangun TVUPI
Dies Natalis UPI Gaungkan Pendidikan Berkeadilan untuk Semua

Rombongan UPI diterima oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Purwakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut para Kepala Bidang, yaitu Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Kabid Bina Sarana dan Prasarana, Kabid Pembinaan Ketenagaan dan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF.

Deni Darmawan mengatakan, menurut rencana Disdikpora Kabupaten Purwakarta akan membuatkan studio mini di lingkungan kantor Dinas. Menurutnya, jumlah guru yang akan mengikuti pelatihan menjalankan TVUPI di Purwakarta telah mewakili, walaupun tidak sebanyak dari Kabupaten Karawang.

Namun pihak Pemkab Purwakarta masih akan terus menambah jumlah guru. “Agar jumlah guru-guru yang akan mengisi acara program siaran pembelajaran online di TVUPI studio Purwakarta ini terus bertambah,” terang Deni.

Deni menyambut baik tujuan program Pemkab Purwakarta yang diwakili Dinas Pendidikan Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar. Adapun untuk SMA dan SMK, akan berkoordinasi dengan Korwilnya KCD atau koordinator wilayahnya.

“Kemudian bagaimana dengan yang ada di bawah naungan Kementerian Agama. Untuk yang berada di bawah Kemenag, kami juga menyambut baik. Bahwa siswa-siswa dan guru-guru yang ada di bawah naungan Kemenag juga mendapatkan hak yang sama yaitu mendapatkan siaran layanan online,” paparnya.

Editor: Redaksi

COMMENTS

//