• Agenda
  • AGENDA BANDUNG: Dari Penggalangan Dana untuk Korban Protes Dago Elos hingga Pameran Ragam Flora Indonesia, 19 Agustus-September 2023

AGENDA BANDUNG: Dari Penggalangan Dana untuk Korban Protes Dago Elos hingga Pameran Ragam Flora Indonesia, 19 Agustus-September 2023

Agenda Bandung terdiri dari penggalangan dana untuk korban protes Dago Elos hingga acara komunitas dan individu berupa pameran hingga diskusi buku.

Ilustrasi. Poster Agenda Bandung 2023. (Desain: Reza Khoerul Iman/Bandungbergerak.id)

Penulis Iman Herdiana19 Agustus 2023


BandungBergerak.idAgenda Bandung pekan ini terdiri dari rangkaian acara yang diselenggarakan komunitas, individu, maupun institusi seni. Yang terhangat adalah penggalangan dana untuk korban kaos Dago Elos. Ada pula agenda beda buku, diskusi, pameran seni, donor darah terkait hari kemerdekaan, dan lain-lain.

Penggalangan Dana untuk Dago Elos

Seperti ramai diberitakan, Dago Elos mengalami hari kelabu pada Senin (14/8/2023) malam. Protes mereka terhadap ketidakjelasan pelaporan kasus sengketa lahan ke kepolisian berujung kaos. Perkampungan Dago Elos dikepung kepolisian. Banyak korban luka kekerasan maupun karena gas air mata.

Sejumlah orang digelandang aparat ke kantor kepolisian. Belakangan mereka dibebaskan. Namun dari warga yang dibebaskan tersebut ada yang mengalami luka-luka, sejumlah harta benda milik warga juga rusak dalam peristiwa protes tersebut, mulai dari motor, mobil (angkot), dan lain-lain.

Warga Dago Elos membutuhkan uluran tangan untuk pengobatan dan perbaikan pascaprotes. Penggalangan dana ini dilakukan Forum Dago Melawan. Dana bisa disalurkan ke Rekening BCA 7770412549 atas nama Tuti Triasih Bendahara Forum Dago Melawan.

Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai pukul 19.00

Bincang Buku Foto Non Grosir Oleh Rivaldo Pratama dengan pemantik Wahyu Dian di Red Raw Center Pasar Antik Cikapundung lt 3 Blok FC 01 Bandung.

Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai pukul 10.00-16.00

"Ngawangkong di Jante Bareng Dialita" di Kedai Jante Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut no 2 (Laswi) Bandung.

Acara terdiri dari nonton bareng film Lagu untuk Anakku dan diskusi partisipatif “Ingatkah Saat Itu”.

Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai 19.00

Peluncuran buku terbaru Gol A Gong “A AM A SURVIVOR” bersama Gol A Gong dan Daniel Mahendra, dan Armand Norval. Acara diramaikan Musisi Sendiri, Alamsyah Nurseha, dan Ruang Kidung.

Tempat di Layaran Plateau’s Eco Art Jalan Mart Dirgahayu Nomor 18, Awiligar, Bandung.

Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai 15.00

Botanical Art Exhibition: Ragam Flora Indonesia, bertempat di Lobby Nuart Sculpture Park, Jalan Setraduta Raya No L6 Ciwaruga Bandung.

Sabtu, 2 September 2023 mulai pukul 14.00

Indonesian Society of Botanical Artists (IDSBA) dan Komunitas Drawing Garis Hitam menyelenggarakan “Art Jam Drawing”.

Menggambar bersama menggunakan media kering dengan tema botani di seputaran area Nuart Sculpture Park

20 Agustus-20 September 2023

Bandung Menang art month. Info lengkap di www.bdgconnex.net.

Baca Juga: Mahasiswa Unpad Menciptakan Detektor E. coli, Bakteri yang Mencemari Sungai Cikapundung
Menghindarkan Anak dari Kecanduan Gawai
Memanfaatkan Sampah Stirofoam jadi Alternatif Lem Perekat

Minggu, 20 Agustus 2023 mulai pukul 10.00

Merdeka Melalui Literasi 78. Tentang membaca karya, diskusi makna kemerdekaan, sharing buku. Bertempat di Taman Dinas Perpus dan Arsip Bandung

Acara ini terbuka untuk umum, dengan tautan pendaftaran ini.

20 Agustus 2023 mulai pukul 08.00

Komunitas sejarah Aleut! menggelar acara Ngaleut Pandu. Titik Kumpul Gerbang TPU Pandu.

Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai pukul 17.00

Kronik Release Party. Tentang mini showcase photo zine “Kronik 20222 Recap”. Di Bianc Public House Jalan Setraland 08 Bandung. Link pendaftaran https://forms.gle/9MZgqXD2KGu131Tt5. Info lengkap di Instagram turamone_.

Donor Darah

Di momen kemerdekaan bulan Agustus ini, Ebass Resto & Cafe menggelar "Ebass Charity Event: Semarak Hut Ri Ke-78" dengan mengikuti program donor darah gratis dan juga sajian hiburan pagelaran musik.

Acara di Jalan Ciungwanara No. 10 (Dago), Kota Bandung mulai pukul 08.00 s/d selesai (Selasa, 29 Agustus 2023). Ini tautan pendaftaran donor darah.

Editor: Ahmad Fikri

COMMENTS

//