DATA SUHU KOTA BANDUNG 1979-2023: Tidak Lagi Dingin, Semakin Panas Setiap Tahunnya

Penulis Reza Khoerul Iman14 September 2024

Tahun 2023 Kota Bandung mendidih, mencatatkan angka suhu tertinggi sepanjang masa. Alih fungsi lahan, hilangnya pepohonan, dan polusi udara menjadi biang kerok.

Banjir Bandung Selatan, BMKG Memprediksi Hujan Masih Akan Turun Selama Beberapa Hari ke Depan

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah12 September 2024

Sedikitnya tujuh kecamatan terendam banjir luapan Sungai Citarum. Musim hujan bertepatan dengan Pilkada serentak di Jawa Barat.

Bandung Dingin di Malam Hari dan Panas di Siang Hari, Masyarakat Diharapkan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah16 Juli 2024

Cuaca yang cenderung ekstrem ini bagian dari menuju puncak kemarau antara Juli-Agustus 2024. Di musim seperti ini biasanya muncul berbagai macam penyakit.

Gempa Garut Meruntuhkan Rumah di Kabupaten Bandung Barat

Penulis Prima Mulia29 April 2024

Gempa Garut dirasakan oleh warga Jawa Barat umumnya, juga warga yang berada di luar Jawa Barat. Masyarakat diminta memeriksa retakan di dinding rumah.

BMKG Mengingatkan Kewaspadaan terhadap Hujan Disertai Petir di Jawa Barat

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah3 April 2024

BMKG merilis jumlah petir yang menyasar bumi di Jawa Barat sebanyak 281.011 kejadian. Kabupaten Bandung Barat menjadi salah satu wilayah rawan petir.

Situasi Rancaekek Setelah Diamuk Tornado, Peneliti Brin RI Mengkonfirmasi Ada Kaitan Pusaran Angin Puting Beliung dengan Alih Fungsi Lahan

Penulis Prima Mulia24 Februari 2024

BMKG disarankan memasang alat analisis angin di kawasan Rancaekek atau daerah rawan puting beliung. Ruang terbuka hijau juga harus ditambah.

Masyarakat Diharapkan Mewaspadai Ciri-ciri Datangnya Cuaca Ekstrem Angin Puting Beliung Seperti di Rancaekek

Penulis Tim Redaksi22 Februari 2024

BMKG mengingatkan cuaca ekstrem ditandai dengan cuaca panas antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB, diikuti munculnya awan tebal dan gelap.

Banjir Bandung Selatan, Warga Berharap Benteng Sungai Diperkuat

Penulis Awla Rajul13 Januari 2024

Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir Bandung selatan diperparah dengan tingginya alih fungsi lahan karena pembangunan dan bisnis properti.

Mengantisipasi Dampak Suhu Panas Ekstrem pada Kesehatan

Penulis Iman Herdiana3 November 2023

Suhu panas dirasakan di semua wilayah Indonesia. Bahkan cuaca di Bandung sudah mencapai suhu panas maksimalnya, yakni 31-34 derajat celsius.

Bencana Kekeringan belum Beres Terkelola, Banjir di Musim Hujan sudah Mengancam Bandung

Penulis Iman Herdiana14 September 2023

Belum beres ancaman musim kemarau dan kekeringan, pada musim hujan mendatang Bandung diperingatkan akan menghadapi bencana banjir lebih luas.

Lihat Semua
//