• Penulis

    Prima Mulia

Murid SDN Kresna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, tampak harap-harap cemas di sela-sela tes swab Covid-19 untuk melacak penularan selama sebulan pembelajaran tatap muka. (Foto-foto: Prima Mulia/BandungBergerak.id)

Setelah Sebulan Pembelajaran Tatap Muka

PENULIS Prima Mulia 16 Oktober 2021

Hasil tes Covid-19 secara acak ini akan menentukan masa depan pembelajaran tatap muka yang berlangsung masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Stasiun-stasiun yang Membekukan Waktu

Penulis Prima Mulia9 Oktober 2021

Jejak-jejak sejarah perkeretaapian yang amat panjang bisa kita temukan dalam bangunan dan benda-benda tua di stasiun. Membentang dari Lampegan hingga Nagreg.

Bertahan Hidup dengan Perahu Penyeberangan Sungai Citarum

Penulis Prima Mulia2 Oktober 2021

Perahu penyeberangan di Kecamatan Ibun dan Majalaya dimanfaatkan para pelajar yang mulai sekolah di masa pandemi Covid-19 ini.

Asa Tersisa dari Kain Pel Tenun di Lereng Ibun

Penulis Prima Mulia25 September 2021

Pelaku industri kain pel tenun tradisional di Kecamatan Ibun tinggal segelintir saja. Industri ini terpukul parah oleh pagebluk.

Geliat Mooi Indie van Kampung Jelekong

Penulis Prima Mulia18 September 2021

Kampung Jelekong sejak lama kesohor sebagai penghasil lukisan pemandangan elok Tatar Parahyangan. Setelah terpukul pagebluk, kampung lukis ini kembali bergeliat.

Gigih Belajar Para Murid Penyandang Disabilitas

Penulis Prima Mulia11 September 2021

Pandemi Covid-19 membuat para murid penyandang disabilitas semakin kesulitan mengakses pendidikan. Namun, kegigihan belajar mereka tak pernah patah.

Pesantren Menjelang Pembelajaran Tatap Muka

Penulis Prima Mulia4 September 2021

Berbeda dengan sekolah pada umumnya, pesantren memiliki lingkungan belajar yang khas. Inilah tantangan tak ringan untuk menggelar pembelajaran tatap muka terbatas.

Lengang Mencekam di RSUD Al Ihsan

Penulis Prima Mulia28 Agustus 2021

Ruang-ruang isolasi pasien Covid-19 itu tampak lengang dan sunyi sampai-sampai putaran roda perawatan yang didorong Tina terdengar jelas dan memicu suasana mencekam.

Suatu Sore Bersama Jihan dan Ziddan

Penulis Prima Mulia21 Agustus 2021

Jihan dan Ziddan, dua anak dari sekian banyak anak-anak Indonesia yang menjadi yatim piatu selama kecamuk Covid-19. Masa depan mereka memerlukan kebijakan negara.

Pameran Lukisan Tisna Sanjaya di antara Timbunan Limbah Plastik

Penulis Prima Mulia21 Agustus 2021

Lukisan Tisna Sanjaya memotret alih fungsi lahan di Cigondewah yang agraris menjadi pabrik yang menghasilkan limbah kain dan plastik.

Lihat Semua