• Penulis

    Atep Kurnia

Stasiun Kiaracondong, Bandung, Senin (19/9/2021). Stasiun Kiaracondong dibandung abad ke-19 oleh Belanda. (Foto: Prima Mulia/BandungBergerak.id)

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (11): Stasiun Kiaracondong

PENULIS Atep Kurnia 17 Oktober 2021

Sejarah Stasiun Kiaracondong ada kaitannya dengan pemindahan pabrik senjata di Surabaya, dan pendirian pabrik gas di Bandung.

GEOGRAFI INGATAN (28): Dari Buruh Pabrik Jadi Penulis Budaya Sunda

Penulis Atep Kurnia15 Oktober 2021

Seandainya tetap bertahan di pabrik, saya akan bernasib seperti kawan-kawan saya sekarang. Dengan sistem kerja outsourcing, nasib kawan-kawan jadi terkatung-katung.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (10): Stasiun Cikudapateuh

Penulis Atep Kurnia10 Oktober 2021

Stasiun Cikudapateuh mulanya dibangun untuk memberi kemudahan akses bagi penumpang 'pribumi'. Penting bagi perkembangan perkeretapian, perekonomian, dan militer.

GEOGRAFI INGATAN (27): Silaturahmi Sastra Sunda

Penulis Atep Kurnia8 Oktober 2021

Jalan ke arah pergaulan dengan kalangan penulis Sunda kian lempang. Dari sanalah lahir keputusan untuk mendalami penulisan esai dan kritik sastra Sunda.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (9): Stasiun Bandung (2)

Penulis Atep Kurnia3 Oktober 2021

Stasiun Bandung ada di pusaran kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kolonial Hindia Belanda. Dari rencana pemindahan ibu kota hingga pembangunan pusat militer.

GEOGRAFI INGATAN (26): Tulisan Pertama di Pikiran Rakyat

Penulis Atep Kurnia1 Oktober 2021

Cita-cita melihat tulisan termuat di koran Pikiran Rakyat kesampaian pada Selasa, 23 Desember 2003. Mertua bangga, para tetangga dan rekan kerja kebagian kabarnya.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (8): Stasiun Bandung (1)

Penulis Atep Kurnia27 September 2021

Pembukaan jalur kereta api Cianjur-Bandung pada 17 Mei 1884 disambut pesta meriah. Stasiun Bandung jadi pusat transportasi kereta api jalur barat 10 tahun kemudian.

Geografi Ingatan (25): Majalah Lokal Bilik dan Cupumanik

Penulis Atep Kurnia24 September 2021

Saya tergugah saat membaca keterangan penulis untuk tulisan itu: Pagawe pabrik tekstil di Cikancung; redaktur majalah lokal Cicalengka.

SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (7): Stasiun Ciroyom

Penulis Atep Kurnia19 September 2021

Stasiun Ciroyom sejak awal dibangun untuk melayani transportasi barang. Kehadirannyai berperan penting menyokong bisnis dan industri yang tumbuh di sekitarnya.

Geografi Ingatan (24): Sajak dan Surat Penolakannya

Penulis Atep Kurnia17 September 2021

Pengalaman pertama mengirimkan tulisan ke koran itu juga sekaligus jadi pengalaman pertama kalinya mendapatkan surat penolakan.

Lihat Semua