SUARA SETARA: Pelaku Kekerasan Seksual pada Warga Difabel kerap Lolos, karena Kesaksian yang Kurang Valid atau Sistem Hukumnya tidak Inklusif?

Penulis Andily Aprilia Rahmawati24 Mei 2023

Keterangan saksi dan/atau korban warga difabel mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan keterangan saksi dan/atau korban nondifabel.

Pembangunan Sistem Sanitasi Berbasis Gender

Penulis Iman Herdiana16 Maret 2023

Kelompok marginal, yakni perempuan, anak remaja putri, dan penyandang disabilitas sebenarnya ingin dilibatkan dalam pembangunan sanitasi.

SUARA SETARA: Bukan Penyandang Disabilitasnya yang tidak Mampu, Lingkunganlah yang Membuatnya Demikian

Penulis Nida Nurhamidah 7 Maret 2023

Mungkin kondisi trotoar di Bandung mudah aku lalui karena aku dapat melihat. Namun, bagaimana ketika para penyandang disabilitas melewatinya?

Belum Optimalnya Fasilitas Publik Kota Bandung bagi Penyandang Disabilitas

Penulis Iman Herdiana12 Agustus 2022

Layanan publik mesti disiapkan secara universal agar dapat diakses oleh masyarakat maupun penyandang disabilitas. Hal ini belum terwujud di Bandung.

Konflik Kebijakan Mengorbankan Hak Pendidikan Kawan Disabilitas SLBN A Pajajaran

Penulis Reza Khoerul Iman23 Juli 2022

SLBN A Pajajaran disebut sekolah tunanetra tertua di Asia Tenggara. Konflik kebijakan membuat kondisinya merana. Beberapa ruangan ditopang dengan bambu.

Pekerja Penyandang Disabilitas Bukanlah Hambatan Perusahaan

Penulis Iman Herdiana28 Juni 2022

Meski hak para penyandang disabilitas telah diatur, di lapangan masih sering dijumpai adanya pemahaman yang keliru dari masyarakat terkait pekerja disabilitas.

Kapan Negara Mewujudkan Fasilitas Publik untuk Penyandang Disabilitas?

Penulis Rifai Gunadi30 Mei 2022

Jumlah penyandang disabilitas yang ada di Indonesia mencapai 22,5 juta atau sekitar lima persen. Jumlah ini terbilang banyak. Namun fasilitas bagi mereka kurang.

Cimahi Dijanjikan Menjadi Kota Ramah Disabilitas

Penulis Iman Herdiana23 Mei 2022

Data disabilitas Kota Cimahi sendiri sebanyak 781 jiwa pada 2021. Sementara jumlah penduduk miskin pada tahun 2000 sebanyak 79.659 jiwa.

Kapan Penyandang Disabilitas Bisa Mudah Mengakses Pelayanan Administrasi Pemkot Bandung?

Penulis Reza Khoerul Iman5 April 2022

Penyandang disabilitas di Kota Bandung sudah lama mengeluhkan sulitnya akses pelayanan administrasi kependudukan. Mereka menunggu realisasi dari Pemkot Bandung.

Meiza dan Ridwan Lulus Kuliah setelah Melampaui Keterbatasan Fisik dan Ekonomi

Penulis Iman Herdiana3 April 2022

Meiza dan Ridwan merupakan lulusan Unisba. Selama kuliah, keduanya sama-sama menghadapi tantangan berat. Pandemi membuat segalanya bertambah sulit.

Lihat Semua
//