CERITA GURU: Sebab Belajar Sejarah bukan saja Soal Narasi Masa Lalu
Penulis Hafidz Azhar4 Desember 2024
Mengajar siswa tentang sejarah tidak melulu soal narasi masa lalu. Sejarah juga berkaitan dengan isu-isu kekinian.
Menengok Semangat Belajar Murid SMPN 60 Bandung yang Belum Memiliki Gedung, Proses Belajar Menumpang ke Gedung SDN 192 Ciburuy
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah5 Oktober 2024
Bertahun-tahun murid SMPN 60 Bandung menumpang belajar di SDN 192 Ciburuy. Total ada 8 sekolah yang belum memiliki gedung sekolah sendiri.
CERITA GURU: Mendidik dengan Kebaikan Hati
Penulis Laila Nursaliha24 Juli 2024
Pendidikan guru bukan hanya sekedar pendidikan tentang cara belajar di kelas (transfer learning) tetapi juga tentang mendidik nilai-nilai.
CERITA GURU: Bertemu Guru-guru Gokil
Penulis Laila Nursaliha4 Juli 2024
Harusnya guru itu bukan tukang mengajar. Belajar, punya pandangan hidup, dan memiliki landasan mengajar pribadi adalah kunci menjadi guru dan pendidik yang gokil.
CERITA GURU: Belajar tanpa Dinding Ruang Kelas
Penulis Laila Nursaliha21 Februari 2024
Seperti halnya seluruh bumi adalah masjid. Maka, seluruh bumi adalah ruang kelas. Semua tempat yang ada tanpa perlu ada sekat bernama dinding adalah ruang kelas.
PELAJAR BERSUARA: Tapak Tilas dan Jejak Langkah Santri
Penulis Dafi Cahyadi5 Desember 2023
Santri bukan hanya sekumpulan orang-orang yang cuma belajar agama.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #36: Walking Tour Cicalengka, Menghadirkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
Penulis Noor Shalihah3 Juli 2023
Kegiatan Tjitjalengka Historical Trip menjadi upaya memberi edukasi kepada warga mengenai keberadaan tempat-tempat bersejarah di Cicalengka.
MAHASISWA BERSUARA: Sekolahku Sayang, Sekolahku Malang
Penulis Ahmad Muttawakkil22 Maret 2023
Sekolah merupakan satu-satunya harapan bagi orang tua untuk menggantungkan nasib anaknya di dunia pendidikan, agar menjadi anak yang cerdas dan berkualitas.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #24: Memaknai Kembali Arti Belajar bagi Seorang Guru
Penulis Noor Shalihah11 Maret 2023
Seorang guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tak sekadar melarang muridnya tanpa memberikan penjelasan yang rasional.