Daerah Resapan Air di Cekungan Bandung Dikhawatirkan Terus Menipis

Penulis Iman Herdiana6 Maret 2024

Penetapan Cekungan Bandung sebagai Kawasan Strategis Nasional diprediksi akan meningkatkan pembangunan yang berdampak pada berkurangnya tutupan lahan resapan air.

Kritik Walhi Jawa Barat pada Debat Soal Lingkungan oleh Cawapres Pilpres 2024

Penulis Awla Rajul24 Januari 2024

Debat tiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pilpres 2024 tidak menyentuh substansi krisis lingkungan di Indonesia. Masih penuh gimik.

Pembangunan Berperspektif Lingkungan di Kota Bandung Diharapkan Bukan Pencitraan

Penulis Awla Rajul28 Desember 2023

Pembangunan jangka panjang dan berkelanjutan tidak untuk pencitraan. Diperlukan rencana rinci dan target yang jelas setiap tahunnya.

Memintal Solidaritas Melawan Perampasan Tanah

Penulis Dini Putri6 Maret 2023

Jawa Barat menghadapi potensi ancaman tinggi terhadap perampasan tanah dengan adanya 34 mega proyek yang dinarasikan dalam bahasa PSN atau Proyek Strategis Nasional.

Turun ke Jalan, Mahasiswa Bandung Menolak Perpu Cipta Kerja

Penulis Emi La Palau28 Februari 2023

Mahasiswa Bandung turun ke jalan menuntut pencabutan Perpu Cipta Kerja. Disahkan tanpa urgensi dan berpotensi merampas banyak hak rakyat.

Pemkot Bandung Gunakan Teknologi RDF untuk Mengolah Sampah, Ditentang Pegiat Lingkungan

Penulis Awla Rajul22 Februari 2023

Aktivis lingkungan menyayangkan penggunaan teknologi pengolahan sampah menjadi RDF di Kota Bandung. Penggunaan RDF sebagai bahan bakar berbahaya bagi kesehatan.

Sidang Gugatan Izin Lingkungan PLTU Tanjung Jati A, Lingkungan Tercemar dan Mata Pencaharian Petambak Garam Hilang

Penulis Iman Herdiana12 Agustus 2022

PLTU Tanjung Jati A menuai banyak masalah berupa pencemaran ratusan juta ton gas CO2 hingga hilangnya tambak garam pencaharian warga.

Urban 20, Bandung Bukanlah Pajangan, Tapi Perlu Membangun Peta Jalan Ketahanan Pangan

Penulis Iman Herdiana3 Agustus 2022

Belum terlihat peta jalan ketahanan pangan Kota Bandung yang terjalin dengan masalah lingkungan. Peta ini perlu dibangun agar program Buruan SAE bisa konsisten.

Wajah Seniman Bandung di Hutan Kota Babakan Siliwangi

Penulis Iman Herdiana26 Juli 2022

Self-portrait di Galeri SOS menampilkan wajah-wajah seniman. Seniman dan masyarakat sipil pernah bersatu menolak komersialisasi hutan kota Babakan Siliwangi.

AGENDA BANDUNG: Pendidikan Ekologi dan Energi Walhi Jawa Barat hingga 12 Juni 2022, Festival Buku Pasar Biru, 24 - 26 Juni 2022

Penulis Iman Herdiana10 Juni 2022

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat membuka program Pendidikan Ekologi dan Energi. Sementara itu, Festival Buku Pasar Biru yang akan berlangsung di Cicalengka

Lihat Semua
//