• Penulis

    Gan Gan Jatnika

Gunung Sanggara, dengan hutan tropisnya yang masih rimbun sebagai habitat ideal bagi beragam flora dan fauna, dilihat dari arah barat, November 2022. (Foto: Gan Gan Jatnika)

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #41: Gunung Sanggara, Menikmati Kekayaan Hutan Tropis di Petilasan Ciung Wanara

PENULIS Gan Gan Jatnika 21 November 2022

Gunung Sanggara kaya akan flora dan fauna khas hutan tropis yang relatif masih terjaga kelestariannya. Riwayat penamaannya diyakini terkait legenda Ciung Wanara.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #40: Gunung Masigit dan Pasir Malang, Dua Keindahan Tersembunyi di Kawasan Tahura Djuanda

Penulis Gan Gan Jatnika23 Oktober 2022

Di Tahura Djuanda, kita bisa menikmati area persemaian bibit di lereng Gunung Masigit dan Batu Selendang Dayang Sumbi di Pasir Malang. Pelesir sembari belajar.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #39: Gunung Singa Soreang, Pesona Bentang Alam dan Fosil Gunung Api Purba

Penulis Gan Gan Jatnika2 Oktober 2022

Gunung Singa menyajikan pemandangan memikat dari puncaknya. Kawasan ini juga menyimpan potensi besar bagi pengembangan wisata berkelanjutan dan sekolah alam.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #38: Gunung Bohong Cimahi, Wisata Alam Tak Jauh dari Pusat Kota

Penulis Gan Gan Jatnika25 September 2022

Gunung Bohong menjadi alternatif wisata alam yang dekat dengan pusat kota dan bisa didaki oleh seluruh anggota keluarga. Dari puncak, pemandangannya menawan.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #37: Gunung Pangradinan Cikancung dengan Sabana nan Memukau di Bandung Timur

Penulis Gan Gan Jatnika4 September 2022

Mendaki Gunung Pangradinan Cikancung, kita akan disuguhi sabana atau padang rumput luas yang memikat. Dari sana, tersaji Cekungan Bandung berikut gunung-gunungnya.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #36: Gunung Serewen dan Kekayaan Mata Air Cekungan Nagreg

Penulis Gan Gan Jatnika21 Agustus 2022

Meski aksesnya mudah, jalur pendakian Gunung Serewen berupa tanah merah yang licin. Gunung ini jadi bagian Cekungan Bandung yang kaya sumber mata air.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #35: Gunung Puncaksalam Cimahi dan Kearifan Lokal Kampung Adat Cireundeu Melestarikan Alam

Penulis Gan Gan Jatnika13 Agustus 2022

Gunung Puncaksalam menjadi bagian dari kearifkan lokal masyarakat Kampung Adat Cireundeu, Cimahi. dalam memelihara alam. Ada tradisi mendaki tanpa alas kaki.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #34: Gunung Tangkuban Parahu, Legenda Sangkuriang dan Sejarah Geologinya

Penulis Gan Gan Jatnika30 Juli 2022

Pesona Gunung Tangkuban Parahu, destinasi wisata di utara Bandung, tidak terpisahkan dari legenda Sangkuriang. Tercatat 18 kali letusan dari tahun 1829 sampai 2005.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #33: Gunung Tambakruyung Ciwidey, Gumuk Gunung Api dengan Jalur Pendakian yang Menawan

Penulis Gan Gan Jatnika16 Juli 2022

Mendaki menuju puncak Gunung Tambakruyung adalah sebuah pengalaman yang mengesankan. Tanjakan terjal terbayar oleh pemandangan memikat dari puncak.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #32: Gunung Puntang Banjaran, dengan Bumi Perkemahan Alami di bawah Puncak Mega dan Curug Siliwangi

Penulis Gan Gan Jatnika2 Juli 2022

Gunung Puntang Banjaran menyajikan paket wisata lengkap: bumi perkemahan, air terjun, kompleks bersejarah, dan puncak yang memikat. Jangan lupa: Kopi Gulali.

Lihat Semua