• Penulis

    Gan Gan Jatnika

Gunung Puncaksalam seperti pematang yang terbentang di tengah padatnya kawasan industri dan permukiman kota, dilihat dari Pasir Pogor, Bojongkoneng, Desember 2021. (Foto: Gan Gan Jatnika)

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #35: Gunung Puncaksalam Cimahi dan Kearifan Lokal Kampung Adat Cireundeu Melestarikan Alam

PENULIS Gan Gan Jatnika 13 Agustus 2022

Gunung Puncaksalam menjadi bagian dari kearifkan lokal masyarakat Kampung Adat Cireundeu, Cimahi. dalam memelihara alam. Ada tradisi mendaki tanpa alas kaki.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #34: Gunung Tangkuban Parahu, Legenda Sangkuriang dan Sejarah Geologinya

Penulis Gan Gan Jatnika30 Juli 2022

Pesona Gunung Tangkuban Parahu, destinasi wisata di utara Bandung, tidak terpisahkan dari legenda Sangkuriang. Tercatat 18 kali letusan dari tahun 1829 sampai 2005.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #33: Gunung Tambakruyung Ciwidey, Gumuk Gunung Api dengan Jalur Pendakian yang Menawan

Penulis Gan Gan Jatnika16 Juli 2022

Mendaki menuju puncak Gunung Tambakruyung adalah sebuah pengalaman yang mengesankan. Tanjakan terjal terbayar oleh pemandangan memikat dari puncak.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #32: Gunung Puntang Banjaran, dengan Bumi Perkemahan Alami di bawah Puncak Mega dan Curug Siliwangi

Penulis Gan Gan Jatnika2 Juli 2022

Gunung Puntang Banjaran menyajikan paket wisata lengkap: bumi perkemahan, air terjun, kompleks bersejarah, dan puncak yang memikat. Jangan lupa: Kopi Gulali.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #31: Gunung Gegerpulus Cililin dan Sejarah Telekomunikasi Zaman Hindia Belanda

Penulis Gan Gan Jatnika21 Juni 2022

Mendaki Gunung Gegerpulus CIlilin, kita bisa sekaligus belajar tentang sejarah telekomunikasi di era Hindia Belanda. Ada gedung bekas stasiun radio dan air terjun.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #30: Gunung Putri Cililin, Sekali Mendaki, Dua Tiga Puncak Terlewati

Penulis Gan Gan Jatnika12 Juni 2022

Perjalanan ke Gunung Putri Cililin menjanjikan pengalaman menyusuri tiga gunung dalam satu paket. Ada Gunung Mungkalpayung dan Gunung Hanyawong di sana.

GUNUNG-GUNUNG Di BANDUNG RAYA #29: Gunung Sangianganjung (Sanghyang Anjung) Nagreg, Petilasan Kerajaan Kendan yang Kaya dengan Batu Obsidian

Penulis Gan Gan Jatnika3 Juni 2022

Gunung Sangianganjung atau Gunung Sanghyang Anjung menawarkan dua daya tarik lewat pendakian tipe santai: kekayaan batu obsidian dan petilasan Kerajaan Kendan.

GUNUNG-GUNUNG di BANDUNG RAYA (28): Gunung Lumbung Cililin dan Penggal Sejarah Terakhir Dipati Ukur dalam Pesona Dusun Lembang

Penulis Gan Gan Jatnika16 Mei 2022

Gunung Lumbung di Desa Lembang, Cililin, yang jadi benteng pertahanan terakhir Dipati Ukur, lahir dari sumbat lava. Arca di puncaknya dalam kondisi memprihatinkan.

GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA (27): Gunung Bukitcula Ciparay, dari Kasih tak Sampai Pemuda Baki Culah hingga Jejak Perjuangan Dipati Ukur

Penulis Gan Gan Jatnika27 April 2022

Gunung Bukitcula menyajikan pemandangan memikat dari Puncak Baranangsiang-nya. Riwayat kawasan ini terikat oleh legenda pemuda Baki Culah dan kisah Dipati Ukur.

GUNUNG-GUNUNG di BANDUNG RAYA (26): Gunung Pangporang, Puncak Tersembunyi yang Cocok bagi Mereka yang Senang Kesunyian

Penulis Gan Gan Jatnika13 April 2022

Gunung Pangporang tersembunyi dalam kepungan gunung-gunung. Tujuan tepat bagi para pendaki yang senang dengan kesunyian.

Lihat Semua