Begal Demokrasi dan Amarah Kelas Menengah

Penulis Ari Ganjar Herdiansah 24 September 2024

Sejarah menunjukkan bahwa instabilitas politik suatu negara biasanya dimulai dengan kemarahan kelas menengah yang merasa dikhianati oleh kelas politik yang berkuasa.

MAHASISWA BERSUARA: Indonesia Negara Keluarga?

Penulis Gabriel Marcelinus Natanael 18 September 2024

Fenomena-fenomena yang terjadi belakangan ini semakin menegaskan bahwa Indonesia adalah negara bagi orang-orang tertentu dan keluarganya.

Politik Mbajingisme

Penulis Farouq Syahrul Huda 9 September 2024

Kita sebut saja mbajingisme. Paham yang berakar dari kebusukan politisi untuk mengatur regulasi sesukanya tanpa berlandaskan keadilan dan kesetaraan.

Jumlah Perempuan di Kursi DPRD Jabar Jauh dari Harapan

Penulis Awla Rajul4 September 2024

Dari 120 Anggota DPRD Jabar periode 2024-2029 yang dilantik, hanya 27 orang perempuan. Representasi perempuan di legislatif tidak didukung oleh sistem politik.

Seruan UNPAR Messages dalam Menghadapi Ketidakpastian Tatanan Global

Penulis Iman Herdiana3 September 2024

Dunia sedang menghadapi permasalahan yang bisa mengubah tatanan global, mulai dari perang Rusia-Ukraina, perang Israel-Hamas, dan perubahan iklim yang mendesak.

PILWALKOT BANDUNG 2024: Ketiadaan Calon Wali Kota Perempuan, Politik di Kota Kembang Terlalu Maskulin?

Penulis Nabila Eva Hilfani 31 Agustus 2024

Mundurnya Atalia Praratya dan batal majunya Siti Muntamah di Pilwalkot Bandung 2024 menunjukkan ruang politik yang tidak setara.

PILGUB JABAR 2024: Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Dibuka, KIM Plus akan Kesulitan jika Diterapkan di Jawa Barat

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah27 Agustus 2024

Peta politik di Jawa Barat berubah setelah aturan Pilkada mengikuti keputusan Mahkamah Konstitusi. Calon-calon kontestan Pilkada akan lebih beragam.

Dewan Menimbang-nimbang Anakku Sayang

Penulis Sidik Permana 6 Agustus 2024

Rancangan Undang-undang Dewan Pertimbangan Presiden diduga memuat agenda politik untuk mengakali hukum. Bukan sekedar mengganti nama jadi Dewan Pertimbangan Agung.

Menjaga Etika Generasi Muda Menuju Indonesia Tidak Cemas 2045

Penulis Sidik Permana 3 Juni 2024

Tugas tersulit generasi muda kini adalah mempertahankan idealismenya dan menjaga diri di tengah lautan pelanggar etik pada ekosistem politik Indonesia yang memburuk.

PILGUB JABAR 2024: Jalan Terjal Calon Independen di Panggung Politik Jawa Barat

Penulis Emi La Palau30 Mei 2024

Pendaftaran calon independen Pilgub Jabar 2024 sepi peminat. KPU Jabar menyatakan tidak ada satu pun calon persoarangan yang mendaftar.

Lihat Semua
//