MAHASISWA BERSUARA: Budaya Korea Selatan Mulai Mendominasi Masyarakat Indonesia

Penulis Bagas Alend Kautsar Harahap 29 Agustus 2024

Pergeseran preferensi budaya generasi muda, penurunan apresiasi pada tradisi lokal, dan tantangan dalam pelestarian warisan budaya jadi isu utama.

MAHASISWA BERSUARA: Budaya Ngopi sebagai Ritual Penggerak Dinamika Sosial

Penulis Fatih Hayatul Azhar11 Agustus 2024

Kopi dan kedai kopi memainkan peran penting dalam sejarah dan budaya Indonesia. Dari simbol identitas nasional, budaya, hingga pusat inovasi sosial dan intelektual.

Kerusakan Bumi dalam Perspektif Lintas Agama dan Budaya

Penulis Muhammad Wijaya Nur Shiddiq 10 Juli 2024

Agama dan budaya pada dasarnya berperan melestarikan bumi dari kerusakan oleh manusia. Agama dan budaya lebih dari sekadar identitas.

Pedagogi Hijau sebagai Kritik Budaya

Penulis Wilfridus Demetrius S.4 Juni 2024

Krisis ekologi meluas ke ranah budaya. Solusi untuk masalah ekologi jauh lebih kompleks daripada revitalisasi teknologi yang mekanis.

CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #59: Memantik Budaya Literasi di Cicalengka

Penulis Andrian Maldini Yudha29 April 2024

Komunitas Lingkar Literasi Cicalengka (LLC) mengabdikan diri pada masyarakat Cicalengka untuk menyokong minat dan gairah literasi di sana.

Rumah Ibadah di Tengah Pusaran Komodifikasi Agama

Penulis Ibn Ghifarie 18 April 2024

Dinamika yang berlangsung dalam komodifikasi agama menunjukkan daya tarik agama sebagai obyek budaya berakar dalam imaji diri yang lazim pada masyarakat konsumen.

SUARA SETARA: Tantangan dan Dinamika Ketidaksetaraan Gender di Asia Selatan

Penulis Nadia Cyntia Dewi11 Maret 2024

Selain pengaruh faktor budaya dan agama, wilayah Asia Selatan juga dihadapkan pada tantangan serius terkait hak-hak perempuan dan kekerasan berbasis gender.

Konferensi Internasional Re-imagining Identity: Mempertanyakan dan Membayangkan Ulang Identitas Diri, dari Relasi hingga Pemikiran Dekolonial

Penulis Salma Nur Fauziyah9 Maret 2024

Pembentukan jati diri dipengaruhi budaya atau bahkan pemikiran dari luar diri. Dengan bertanya pada diri sendiri, kita akan menemukan siapa identitas kita.

Dulu Partai Politik Bertarung Secara Ideologis, Sekarang Menggunakan Segala Macam Cara

Penulis Muhammad Akmal Firmansyah27 Februari 2024

Banyak yang setuju kalau Pemilu 1955 adalah pemilu paling demokratis sepanjang berdirinya republik ini. Jauh berbeda dengan partai politik di pemilu sekarang.

(Ujung-ujungnya Tetap Saja) Majestic!

Penulis Anton Solihin13 Februari 2024

Gedung Majestic sepantasnya kembali menjadi gedung pertunjukan yang berwibawa di jantung Kota Bandung. Semacam pusat kebudayaan untuk budaya populer khas Bandung.

Lihat Semua
//