Membandingkan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Ongkos Kereta Api dan Kendaraan Pribadi
Penulis Iman Herdiana21 September 2023
Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan 250.000-300.000 rupiah. Angka ini dinilai lebih mahal dibandingkan naik kereta api atau kendaraan pribadi.
Dari Kereta Cepat ke Layar Gawai: Bandung di Persimpangan Kecepatan dan Imajinasi
Penulis TH Hari Sucahyo 13 November 2025
Whoosh mengubah wajah turisme Bandung: turisme instan berbasis konektivitas yang tak hanya digerakkan oleh niat menjelajah, tetapi juga oleh algoritma dan kecepatan.
Mempertanyakan Hak-hak Publik dalam Operasional Kereta Cepat Whoosh dan Proyek Infrastruktur Lainnya
Penulis Iman Herdiana3 Januari 2024
Pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat menyisakan pertanyaan bagaimana pemenuhan hak-hak publik atau warga terdampak.
Pentingnya Disiplin di Perlintasan Sebidang, Belajar dari Kecelakaan Feeder Kereta Cepat
Penulis Awla Rajul15 Desember 2023
Pintu perlintasan kereta api berfungsi mengamankan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang agar tidak terganggu pengguna jalan lain.
Menengok Warga Terdampak Pembangunan Kereta Cepat di Purwakarta
Penulis Iman Herdiana8 Desember 2023
Kereta cepat Whoosh sudah hilir mudik Jakarta Bandung. Sejumlah warga di Purwakarta masih merasakan dampak buruk pembangunan proyek strategis nasional ini.
Perdebatan Netizen dan Penamaan Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Chen Die21 Oktober 2023
Presiden Joko Widodo memberi nama “Whoosh” untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, terinspirasi dari bunyi yang dihasilkan ketika kereta cepat melesat dengan kencang.
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Meluncur, Mobil Travel akan semakin Menjamur?
Penulis Awla Rajul15 Oktober 2023
Masyarakat masih dalam euforia Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. Mobil travel menjadi pesaing utama karena ongkosnya lebih murah.
AGENDA BANDUNG: Dari Diskusi Kritik Kereta Cepat, Bedah Buku Sidik Kertapati, hingga Pameran Seni, 6-28 Oktober 2023
Penulis Iman Herdiana6 Oktober 2023
Agenda Bandung pekan ini menyajikan banyak diskusi, mulai dari kritik lingkungan terhadap kereta cepat, hingga bedah buku, seni, dan pameran.
Sebelum Whoosh, Ada Eendaagsche Express sebagai Kereta Cepat era Hindia Belanda
Penulis Danil Kasputra2 Oktober 2023
Kereta Api Eendaagsche Express dirancang sebagai sarana transportasi yang sangat cepat pada zamannya. Menempuh perjalanan Batavia-Surabaya dalam 13 jam 30 menit.
Kritik dan Saran dari Calon Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Awla Rajul6 Juli 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi bisa dinaiki masyarakat umum. Calon penumpang dari Bandung berharap sepur kilat ini bisa dijangkau semua kalangan.
Menanti Tanggung Jawab Pemulihan Lingkungan dan Warga Terdampak Megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Sherani Soraya Putri11 Januari 2023
Warga terdampak megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di perumahan Tipar Silih Asih, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sampai kini menunggu perhatian.
Warga Terdampak Kereta Cepat di Bandung Merespons KTT G20 di Bali
Penulis Iman Herdiana16 November 2022
Baik KTT G20 maupun Kereta Cepat Jakarta Bandung dinilai sebagai pintu masuk gelombang investasi besar ke negeri ini.
Walhi Jabar: Selamatkan Lingkungan dan Rakyat, bukan Proyek Kereta Cepat
Penulis Endah Lismartini15 Oktober 2021
Tak ada penyelesaian atas rusaknya belasan hektare sawah dan rusaknya rumah-rumah warga yang terdampak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Kecurigaan Warga Saat Melihat Api Begitu Cepat Melahap Kios Kayu dan Rumah di Sukahaji
Penulis Yopi Muharam11 April 2025
Pengacara warga Sukahaji menyarankan peristiwa kebakaran ini dilaporkan ke polisi. Kebakaran di Sukahaji terjadi berkali-kali.
Hasil Hitung Cepat Pilgub Jabar, Pilwalkot Bandung, dan Pilbup Bandung
Penulis Awla Rajul30 November 2024
Sejumlah lembaga survei merilis hasil hitung cepat Pilgub Jabar, Pilwalkot Bandung, dan Pilbup Bandung. Penghitungan secara manual masih dilakukan KPU.
Seruan Boikot Restoran Cepat Saji yang Terafiliasi dengan Israel Menggema di Bandung
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah10 Juni 2024
Aksi seruan boikot dilakukan KAMMI Kota Bandung dan FSLDK Baraya dilakukan di beberapa restoran cepat saji McDonald's, KFC, Starbucks yang tersebar di Bandung.
Pejalan Kaki Terancam Celaka Menyeberang di Jalur Cepat Jalan Sukarno Hatta
Penulis Repi M Rizki31 Januari 2024
Beberapa mahasiswa pengguna jalan mengaku takut jika menyeberang Jalan Sukarno Hatta. Jembatan penyeberangan orang (JPO) tidak membantu.
Eksistensi Kuliner Lokal dalam Menghadapi Menjamurnya Makanan Cepat Saji
Penulis Iman Herdiana14 Agustus 2023
Kuliner tradisional tetap tumbuh bersaing dengan makanan cepat saji (fast food) atau masakan Korea. Mereka hadir dengan nama-nama lokal yang unik.
MAHASISWA BERSUARA: Cara Cepat Membaca Kinerja Perusahaan dari Laporan Keuangan
Penulis Giselle Chang20 Juni 2023
Kinerja satu perusahaan bisa di intip dari laporan keuangan yang dipublikasikan perusahaan. Salah satu cara membacanya dengan menggunakan analisa rasio.
Data Perkembangan Jumlah Penduduk Kota Bandung di Era Orde Baru 1967-1998, Terus Bertambah Makin Cepat
Penulis Sarah Ashilah12 November 2021
Dari tahun 1967 hingga 1998, jumlah penduduk Kota Bandung terus bertambah dalam laju pertumbuhan yang makin cepat. Pada 1998, jumlahnya mencapai 2.501.506 jiwa.
Adu Cepat Melawan Fast Fashion
Penulis Kayleen Jessica27 Oktober 2021
“Fast fashion” mendorong industri tekstil dan garmen menjadi salah satu kontributor gas rumah kaca dan jejak karbon yang lebih besar dari sektor industri lain.
Musim Hujan Kota Bandung Datang lebih Cepat
Penulis Bani Hakiki17 September 2021
BMKG memprediksi musim penghujan disertai potensi bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, angin kencang, hujan es) yang perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Cerita Orang Bandung (19): Jiwa Rocker Penjual Minuman Cepat Saji
Penulis Bani Hakiki25 Juli 2021
Fajar Setiadi (38), akrab disapa Jey, menetap di Bandung setelah mengembara ke berbagai kota. Ironisnya, impian jadi seniman musik harus berhenti di kota ini.
Inovasi Covid-19 Buatan Kampus Bandung, Tameng Wajah 3 in 1 Sampai Tes Cepat
Penulis Iman Herdiana3 April 2021
Pandemi Covid-19 menuntut lahirnya inovasi untuk melawan virus Corona. Agar pandemi yang berkepanjangan ini bisa diredam.
Menemukan Kembali Zubaedah, yang Seorang Diri Ditinggalkan Kereta Sejarah
Penulis Zaki Fathurohman15 September 2025
Nama Zubaedah dulu rutin disandingkan dengan mahasiswa Arief Rachman Hakim (ARH) sebagai pahlawan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Kini dilupakan.
CIGURIANG, KAMPUNG DOBI DALAM INGATAN #27: Stasiun Bandung dan Kenangan tentang Kereta Api
Penulis Ernawatie Sutarna18 Mei 2025
Warga Ciguriang biasa menggunakan jalan pintas dengan masuk ke Stasiun Bandung menuju Pasar Baru. Memandikan kereta api jadi tontonan.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #76: Kereta Melaju, Sumber Air Terganggu
Penulis Andrian Maldini Yudha21 Januari 2025
Sumur milik warga di Kampung Babakan Dka di Cicalengka keruh dan berbau, tak lama setelah proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka rampung.
RESENSI BUKU: Menembus Dimensi Kereta Semar Lembu
Penulis Virliya Putricantika29 Desember 2024
Novel Kereta Semar Lembu mengajak pembaca ke dunia arwah dan sejarah, atau melihat sejarah kelam dari orang-orang mati.
Nostalgia Balap Kereta Peti Sabun di Sabuga ITB
Penulis Prima Mulia24 Desember 2024
Balap kereta peti sabun populer di era 1980-an. Olahraga nostalgia ini dimainkan di Sabuga ITB, diikuti generasi milenial dan gen z.
Merayakan Ulang Tahun Komunitas Edan Sepur Ulang Tahun Ke-15 dengan Mengedukasi Masyarakat Disiplin di Perlintasan Kereta
Penulis Fauziansyah Hartadi 7 Juli 2024
Kegiatan disiplin perlintasan ala komunitas Edan Sepur bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran di perlintasan kereta api dan mencegah terjadinya kecelakaan.
Data Pelanggaran di Jalur Perlintasan Kereta Api Kota Bandung 2018-2023: Lebih dari 2.000 Pelanggaran Per Tahunnya
Penulis Reza Khoerul Iman24 Februari 2024
Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan lemahnya penegakan hukum disinyalir membuat angka pelanggaran di jalur perlintasan kereta api terus meningkat.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #54: Paradoks Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Cicalengka-Bandung
Penulis Andrian Maldini Yudha25 Januari 2024
Proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka sedang dikebut agar rampung di tahun 2024 ini. Pengerjaan proyek berdampak pada warga Kampung Dka.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #53: Tragedi Kecelakaan Kereta Cicalengka dan Buruknya Transportasi Publik Kita
Penulis Nurul Maria Sisilia16 Januari 2024
Kecelakaan kereta di Cicalengka membukakan kenyataan bahwa transportasi publik kita belum merata dan saling terintegrasi dengan baik dan mudah.
Menengok Tragedi Bintaro, Kisah Terkelam Kereta Api Indonesia
Penulis Deni Yudiawan6 Januari 2024
Kecelakaan kereta api di Cicalengka membangunkan memori buruk perkeretaapian di Indonesia. Tragedi Bintaro adalah kisah terkelam sepanjang sejarah.
Kesaksian Warga ketika Tabrakan Kereta Api Cicalengka, Pakar Menduga karena Faktor Komunikasi
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah6 Januari 2024
Penyebab tabrakan kereta api Turangga vs kereta api Commuterline 350 Bandung Raya masih diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Empat Orang Petugas Meninggal Dunia
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah5 Januari 2024
Tabrakan kereta api melibatkan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng Bandung dan kereta api lokal Bandung Raya di jalur Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #48: Menua di Kereta
Penulis Noor Shalihah20 November 2023
Permukiman di perkotaan bergerak ke arah pinggiran karena kota semakin padat. Moda transportasi kereta jadi pilihan karena menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
PROFIL KOMUNITAS EDAN SEPUR: Mengabdikan Diri pada Transportasi Kereta
Penulis Awla Rajul11 Maret 2023
Komunitas Edan Sepur merupakan komunitas pencinta kereta api. Mayoritas anggotanya anak muda.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #14: Rekonstruksi Stasiun Kereta Api Cicalengka dan Pupusnya Masa Lalu
Penulis Andrian Maldini Yudha7 Desember 2022
Stasiun Cicalengka kaya akan nilai-nilai historis. Namun semua itu akan habis tidak ada yang tersisa.
Yang Pekak dan Memekik di Balik Deru Pembangunan Jalur Kereta Api
Penulis Ryan Zulkarnaen5 November 2022
Di tengah kondisi paceklik, warga terdampak pembangunan jalur kereta api di Kiaracondong menghadapi harga sewa rumah yang meningkat.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #8: Menilik Kembali Dinamika Proyek Jalur Kereta Api Ganda Bandung-Cicalengka
Penulis Andrian Maldini Yudha12 Oktober 2022
Di balik berlangsungnya proyek jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka, menimbulkan keresahan bagi bagi warga Kampung Babakan Dka.
CERITA DARI BANDUNG BARAT #5: 26 Tahun Ukar Karmita di Jalur Perlintasan Kereta
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah1 Oktober 2022
Ukar Karmita usianya sudah 70 tahun. Separuh usia hidupnya dihabiskan di perlintasan kereta api. Menjaga keselamatan warga yang melintas.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #3: Dilema Masyarakat Cicalengka pada Proyek Jalur Kereta Api Ganda
Penulis Andrian Maldini Yudha7 September 2022
Tanah warga Kampung Babakan Dka, Cicalengka, kini didaulat sebagai milik PT. KAI untuk dijadikan proyek jalur kereta api ganda.
AGENDA BANDUNG: Film Dokumenter Anyer Dalam, Pre-order Novel Kereta Semar Lembu, dan Pasar Biru 3, 3-11 September 2022
Penulis Iman Herdiana1 September 2022
Agenda Bandung pekan ini terdiri dari penggalangan dana untuk warga Anyer Dalam, pre-order novel Kereta Semar Lembu, dan Pasar Biru 3.
Menghukum Pelaku Pelecehan Seksual dengan Larangan Naik Kereta Api Seumur Hidup
Penulis Lintang Johar25 Juli 2022
Sorotan terhadap kasus pelecehan seksual yang menimpa seorang wanita di dalam Kereta Api Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta.
Data Jumlah Penumpang Kereta Api dari Kota Bandung 1999-2020, Anjlok di Tahun Pandemi
Penulis Sarah Ashilah4 Januari 2022
Jumlah penumpang kereta api dari Kota Bandung sangat fluktuatif di atas angka 10 juta orang per tahun. Pandemi Covid-19 sejak 2020 membuat jumlahnya anjlok.
Daftar 19 Stasiun Kereta Api yang Melayani Tes PCR selama Periode Nataru, 2 Stasiun di antaranya di Bandung
Penulis Iman Herdiana27 Desember 2021
Calon penumpang kereta api wajib memenuhi sejumlah persyaratan selama menempuh perjalanan dalam periode nataru. Antara lain, vaksinasi, tes PCR atau antigen.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (17): Stasiun Nagreg
Penulis Atep Kurnia28 November 2021
Sejak diresmikan pada 14 Agustus 1889, Stasiun Nagreg berperan penting dalam perkembangan perkebunan kina dan kopi, industri, dan militer.
BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (4): Pegawai Jawatan Kereta Api Kolonial
Penulis Atep Kurnia26 November 2021
Achmad Bassach masuk menjadi anggota serikat buruh kereta api VSTP sejak bekerja di Stasiun Cibeber pada 1917. Dari situ, semangat perlawanannya terus tumbuh.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (16): Stasiun Cicalengka
Penulis Atep Kurnia21 November 2021
Stasiun Cicalengka beroperasi sejak jalur kereta api angkutan barang dan penumpang antara Bandung-Cicalengka diresmikan pada 10 September 1884. Perannya penting.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.

























































