Membandingkan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Ongkos Kereta Api dan Kendaraan Pribadi
Penulis Iman Herdiana21 September 2023
Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan 250.000-300.000 rupiah. Angka ini dinilai lebih mahal dibandingkan naik kereta api atau kendaraan pribadi.
Warga Terdampak Kereta Cepat di Bandung Merespons KTT G20 di Bali
Penulis Iman Herdiana16 November 2022
Baik KTT G20 maupun Kereta Cepat Jakarta Bandung dinilai sebagai pintu masuk gelombang investasi besar ke negeri ini.
Menengok Warga Terdampak Pembangunan Kereta Cepat di Purwakarta
Penulis Iman Herdiana8 Desember 2023
Kereta cepat Whoosh sudah hilir mudik Jakarta Bandung. Sejumlah warga di Purwakarta masih merasakan dampak buruk pembangunan proyek strategis nasional ini.
Pentingnya Disiplin di Perlintasan Sebidang, Belajar dari Kecelakaan Feeder Kereta Cepat
Penulis Awla Rajul15 Desember 2023
Pintu perlintasan kereta api berfungsi mengamankan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang agar tidak terganggu pengguna jalan lain.
Sebelum Whoosh, Ada Eendaagsche Express sebagai Kereta Cepat era Hindia Belanda
Penulis Danil Kasputra2 Oktober 2023
Kereta Api Eendaagsche Express dirancang sebagai sarana transportasi yang sangat cepat pada zamannya. Menempuh perjalanan Batavia-Surabaya dalam 13 jam 30 menit.
Menanti Tanggung Jawab Pemulihan Lingkungan dan Warga Terdampak Megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Sherani Soraya Putri11 Januari 2023
Warga terdampak megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di perumahan Tipar Silih Asih, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sampai kini menunggu perhatian.
Mempertanyakan Hak-hak Publik dalam Operasional Kereta Cepat Whoosh dan Proyek Infrastruktur Lainnya
Penulis Iman Herdiana3 Januari 2024
Pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat menyisakan pertanyaan bagaimana pemenuhan hak-hak publik atau warga terdampak.
AGENDA BANDUNG: Dari Diskusi Kritik Kereta Cepat, Bedah Buku Sidik Kertapati, hingga Pameran Seni, 6-28 Oktober 2023
Penulis Iman Herdiana6 Oktober 2023
Agenda Bandung pekan ini menyajikan banyak diskusi, mulai dari kritik lingkungan terhadap kereta cepat, hingga bedah buku, seni, dan pameran.
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Meluncur, Mobil Travel akan semakin Menjamur?
Penulis Awla Rajul15 Oktober 2023
Masyarakat masih dalam euforia Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. Mobil travel menjadi pesaing utama karena ongkosnya lebih murah.
Walhi Jabar: Selamatkan Lingkungan dan Rakyat, bukan Proyek Kereta Cepat
Penulis Endah Lismartini15 Oktober 2021
Tak ada penyelesaian atas rusaknya belasan hektare sawah dan rusaknya rumah-rumah warga yang terdampak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Perdebatan Netizen dan Penamaan Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Chen Die21 Oktober 2023
Presiden Joko Widodo memberi nama “Whoosh” untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, terinspirasi dari bunyi yang dihasilkan ketika kereta cepat melesat dengan kencang.
Kritik dan Saran dari Calon Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Awla Rajul6 Juli 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi bisa dinaiki masyarakat umum. Calon penumpang dari Bandung berharap sepur kilat ini bisa dijangkau semua kalangan.
Hasil Hitung Cepat Pilgub Jabar, Pilwalkot Bandung, dan Pilbup Bandung
Penulis Awla Rajul30 November 2024
Sejumlah lembaga survei merilis hasil hitung cepat Pilgub Jabar, Pilwalkot Bandung, dan Pilbup Bandung. Penghitungan secara manual masih dilakukan KPU.
Eksistensi Kuliner Lokal dalam Menghadapi Menjamurnya Makanan Cepat Saji
Penulis Iman Herdiana14 Agustus 2023
Kuliner tradisional tetap tumbuh bersaing dengan makanan cepat saji (fast food) atau masakan Korea. Mereka hadir dengan nama-nama lokal yang unik.
Musim Hujan Kota Bandung Datang lebih Cepat
Penulis Bani Hakiki17 September 2021
BMKG memprediksi musim penghujan disertai potensi bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, angin kencang, hujan es) yang perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Adu Cepat Melawan Fast Fashion
Penulis Kayleen Jessica27 Oktober 2021
“Fast fashion” mendorong industri tekstil dan garmen menjadi salah satu kontributor gas rumah kaca dan jejak karbon yang lebih besar dari sektor industri lain.
Pejalan Kaki Terancam Celaka Menyeberang di Jalur Cepat Jalan Sukarno Hatta
Penulis Repi M Rizki31 Januari 2024
Beberapa mahasiswa pengguna jalan mengaku takut jika menyeberang Jalan Sukarno Hatta. Jembatan penyeberangan orang (JPO) tidak membantu.
Inovasi Covid-19 Buatan Kampus Bandung, Tameng Wajah 3 in 1 Sampai Tes Cepat
Penulis Iman Herdiana3 April 2021
Pandemi Covid-19 menuntut lahirnya inovasi untuk melawan virus Corona. Agar pandemi yang berkepanjangan ini bisa diredam.
Seruan Boikot Restoran Cepat Saji yang Terafiliasi dengan Israel Menggema di Bandung
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah10 Juni 2024
Aksi seruan boikot dilakukan KAMMI Kota Bandung dan FSLDK Baraya dilakukan di beberapa restoran cepat saji McDonald's, KFC, Starbucks yang tersebar di Bandung.
MAHASISWA BERSUARA: Cara Cepat Membaca Kinerja Perusahaan dari Laporan Keuangan
Penulis Giselle Chang20 Juni 2023
Kinerja satu perusahaan bisa di intip dari laporan keuangan yang dipublikasikan perusahaan. Salah satu cara membacanya dengan menggunakan analisa rasio.
Data Perkembangan Jumlah Penduduk Kota Bandung di Era Orde Baru 1967-1998, Terus Bertambah Makin Cepat
Penulis Sarah Ashilah12 November 2021
Dari tahun 1967 hingga 1998, jumlah penduduk Kota Bandung terus bertambah dalam laju pertumbuhan yang makin cepat. Pada 1998, jumlahnya mencapai 2.501.506 jiwa.
Cerita Orang Bandung (19): Jiwa Rocker Penjual Minuman Cepat Saji
Penulis Bani Hakiki25 Juli 2021
Fajar Setiadi (38), akrab disapa Jey, menetap di Bandung setelah mengembara ke berbagai kota. Ironisnya, impian jadi seniman musik harus berhenti di kota ini.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (11): Stasiun Kiaracondong
Penulis Atep Kurnia17 Oktober 2021
Sejarah Stasiun Kiaracondong ada kaitannya dengan pemindahan pabrik senjata di Surabaya, dan pendirian pabrik gas di Bandung.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #48: Menua di Kereta
Penulis Noor Shalihah20 November 2023
Permukiman di perkotaan bergerak ke arah pinggiran karena kota semakin padat. Moda transportasi kereta jadi pilihan karena menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
Menghukum Pelaku Pelecehan Seksual dengan Larangan Naik Kereta Api Seumur Hidup
Penulis Lintang Johar25 Juli 2022
Sorotan terhadap kasus pelecehan seksual yang menimpa seorang wanita di dalam Kereta Api Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (15): Stasiun Haurpugur
Penulis Atep Kurnia15 November 2021
Kawasan Haurpugur tempo dulu, dengan mata air Cipanas-nya, merupakan destinasi wisata populer. Stasiun Haurpugur, yang diresmikan 20 Februari 1899, punya peran.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #53: Tragedi Kecelakaan Kereta Cicalengka dan Buruknya Transportasi Publik Kita
Penulis Nurul Maria Sisilia16 Januari 2024
Kecelakaan kereta di Cicalengka membukakan kenyataan bahwa transportasi publik kita belum merata dan saling terintegrasi dengan baik dan mudah.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (1): Dari Padalarang hingga Nagreg
Penulis Atep Kurnia8 Agustus 2021
Gagasan membuat lajur kereta api ke Bandung Raya sudah ada sejak paruh kedua abad ke-19. Ada dua motifnya, yakni kepentingan ekonomi dan pertahanan militer.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (12): Stasiun Gedebage
Penulis Atep Kurnia24 Oktober 2021
Stasiun Gedebage, yang sekarang lebih dikenal orang sebagai Terminal Peti Kemas, pernah berfungsi sebagai stasiun penumpang. Berperan dalam pengembangan kawasan.
AGENDA BANDUNG: Film Dokumenter Anyer Dalam, Pre-order Novel Kereta Semar Lembu, dan Pasar Biru 3, 3-11 September 2022
Penulis Iman Herdiana1 September 2022
Agenda Bandung pekan ini terdiri dari penggalangan dana untuk warga Anyer Dalam, pre-order novel Kereta Semar Lembu, dan Pasar Biru 3.
Nostalgia Balap Kereta Peti Sabun di Sabuga ITB
Penulis Prima Mulia24 Desember 2024
Balap kereta peti sabun populer di era 1980-an. Olahraga nostalgia ini dimainkan di Sabuga ITB, diikuti generasi milenial dan gen z.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (7): Stasiun Ciroyom
Penulis Atep Kurnia19 September 2021
Stasiun Ciroyom sejak awal dibangun untuk melayani transportasi barang. Kehadirannyai berperan penting menyokong bisnis dan industri yang tumbuh di sekitarnya.
Hantu Smart City itu, Kereta LRT Bandung
Penulis Frans Ari Prasetyo15 November 2021
Kota ini terus membangun flyover yang jelas-jelas mengakomodir kendaraan pribadi. Bagaimana dengan transportasi publik yang nyaman dan murah?
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #54: Paradoks Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Cicalengka-Bandung
Penulis Andrian Maldini Yudha25 Januari 2024
Proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka sedang dikebut agar rampung di tahun 2024 ini. Pengerjaan proyek berdampak pada warga Kampung Dka.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (2): Stasiun Padalarang
Penulis Atep Kurnia15 Agustus 2021
Pengoperasian Stasiun Padalarang berdampak besar pada pertumbuhan dan pengembangan wilayah Padalarang. Luasannya bertambah, jumlah penduduknya melonjak.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #14: Rekonstruksi Stasiun Kereta Api Cicalengka dan Pupusnya Masa Lalu
Penulis Andrian Maldini Yudha7 Desember 2022
Stasiun Cicalengka kaya akan nilai-nilai historis. Namun semua itu akan habis tidak ada yang tersisa.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #3: Dilema Masyarakat Cicalengka pada Proyek Jalur Kereta Api Ganda
Penulis Andrian Maldini Yudha7 September 2022
Tanah warga Kampung Babakan Dka, Cicalengka, kini didaulat sebagai milik PT. KAI untuk dijadikan proyek jalur kereta api ganda.
Kecamatan Kiaracondong: Perang Buruh Kereta dan Lagu Leo Kristi
Penulis Iman Herdiana26 Maret 2021
Perjuangan buruh kereta api, terpesonanya musikus balada Leo Kristi, dan banjir bandang Cicaheum menjadi bagian dari perjalanan sejarah Kecamatan Kiaracondong.
RESENSI BUKU: Menembus Dimensi Kereta Semar Lembu
Penulis Virliya Putricantika29 Desember 2024
Novel Kereta Semar Lembu mengajak pembaca ke dunia arwah dan sejarah, atau melihat sejarah kelam dari orang-orang mati.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (8): Stasiun Bandung (1)
Penulis Atep Kurnia27 September 2021
Pembukaan jalur kereta api Cianjur-Bandung pada 17 Mei 1884 disambut pesta meriah. Stasiun Bandung jadi pusat transportasi kereta api jalur barat 10 tahun kemudian.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (16): Stasiun Cicalengka
Penulis Atep Kurnia21 November 2021
Stasiun Cicalengka beroperasi sejak jalur kereta api angkutan barang dan penumpang antara Bandung-Cicalengka diresmikan pada 10 September 1884. Perannya penting.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (3): Stasiun Gadobangkong
Penulis Atep Kurnia22 Agustus 2021
Stasiun Gadobangkong mulai berfungsi sejak 20 Februari 1899. Pada 1921, stasiun yang ada di antara dua kota militer Cimahi dan Padalarang ini, diperluas.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (13): Stasiun Cimekar
Penulis Atep Kurnia31 Oktober 2021
Dalam peta sejarah, Stasiun Cimekar dikenal sebagai stasiun kecil Ciendog (Stopplaats Ciendog). Jalur kereta ini pernah disabotase.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #76: Kereta Melaju, Sumber Air Terganggu
Penulis Andrian Maldini Yudha21 Januari 2025
Sumur milik warga di Kampung Babakan Dka di Cicalengka keruh dan berbau, tak lama setelah proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka rampung.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (9): Stasiun Bandung (2)
Penulis Atep Kurnia3 Oktober 2021
Stasiun Bandung ada di pusaran kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kolonial Hindia Belanda. Dari rencana pemindahan ibu kota hingga pembangunan pusat militer.
Data Pelanggaran di Jalur Perlintasan Kereta Api Kota Bandung 2018-2023: Lebih dari 2.000 Pelanggaran Per Tahunnya
Penulis Reza Khoerul Iman24 Februari 2024
Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan lemahnya penegakan hukum disinyalir membuat angka pelanggaran di jalur perlintasan kereta api terus meningkat.
BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (4): Pegawai Jawatan Kereta Api Kolonial
Penulis Atep Kurnia26 November 2021
Achmad Bassach masuk menjadi anggota serikat buruh kereta api VSTP sejak bekerja di Stasiun Cibeber pada 1917. Dari situ, semangat perlawanannya terus tumbuh.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (4): Stasiun Cimahi
Penulis Atep Kurnia29 Agustus 2021
Keberadaan Stasiun Cimahi, yang beroperasi sejak pertengahan tahun 1884, berdampak besar pada pertumbuhan kota. Terutama dalam bidang militer dan niaga.
PROFIL KOMUNITAS EDAN SEPUR: Mengabdikan Diri pada Transportasi Kereta
Penulis Awla Rajul11 Maret 2023
Komunitas Edan Sepur merupakan komunitas pencinta kereta api. Mayoritas anggotanya anak muda.
Data Jumlah Penumpang Kereta Api dari Kota Bandung 1999-2020, Anjlok di Tahun Pandemi
Penulis Sarah Ashilah4 Januari 2022
Jumlah penumpang kereta api dari Kota Bandung sangat fluktuatif di atas angka 10 juta orang per tahun. Pandemi Covid-19 sejak 2020 membuat jumlahnya anjlok.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
