Membandingkan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Ongkos Kereta Api dan Kendaraan Pribadi
Penulis Iman Herdiana21 September 2023
Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan 250.000-300.000 rupiah. Angka ini dinilai lebih mahal dibandingkan naik kereta api atau kendaraan pribadi.
CIGURIANG, KAMPUNG DOBI DALAM INGATAN #27: Stasiun Bandung dan Kenangan tentang Kereta Api
Penulis Ernawatie Sutarna18 Mei 2025
Warga Ciguriang biasa menggunakan jalan pintas dengan masuk ke Stasiun Bandung menuju Pasar Baru. Memandikan kereta api jadi tontonan.
Data Pelanggaran di Jalur Perlintasan Kereta Api Kota Bandung 2018-2023: Lebih dari 2.000 Pelanggaran Per Tahunnya
Penulis Reza Khoerul Iman24 Februari 2024
Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan lemahnya penegakan hukum disinyalir membuat angka pelanggaran di jalur perlintasan kereta api terus meningkat.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #54: Paradoks Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Cicalengka-Bandung
Penulis Andrian Maldini Yudha25 Januari 2024
Proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka sedang dikebut agar rampung di tahun 2024 ini. Pengerjaan proyek berdampak pada warga Kampung Dka.
Menengok Tragedi Bintaro, Kisah Terkelam Kereta Api Indonesia
Penulis Deni Yudiawan6 Januari 2024
Kecelakaan kereta api di Cicalengka membangunkan memori buruk perkeretaapian di Indonesia. Tragedi Bintaro adalah kisah terkelam sepanjang sejarah.
Kesaksian Warga ketika Tabrakan Kereta Api Cicalengka, Pakar Menduga karena Faktor Komunikasi
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah6 Januari 2024
Penyebab tabrakan kereta api Turangga vs kereta api Commuterline 350 Bandung Raya masih diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Empat Orang Petugas Meninggal Dunia
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah5 Januari 2024
Tabrakan kereta api melibatkan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng Bandung dan kereta api lokal Bandung Raya di jalur Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #14: Rekonstruksi Stasiun Kereta Api Cicalengka dan Pupusnya Masa Lalu
Penulis Andrian Maldini Yudha7 Desember 2022
Stasiun Cicalengka kaya akan nilai-nilai historis. Namun semua itu akan habis tidak ada yang tersisa.
Yang Pekak dan Memekik di Balik Deru Pembangunan Jalur Kereta Api
Penulis Ryan Zulkarnaen5 November 2022
Di tengah kondisi paceklik, warga terdampak pembangunan jalur kereta api di Kiaracondong menghadapi harga sewa rumah yang meningkat.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #8: Menilik Kembali Dinamika Proyek Jalur Kereta Api Ganda Bandung-Cicalengka
Penulis Andrian Maldini Yudha12 Oktober 2022
Di balik berlangsungnya proyek jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka, menimbulkan keresahan bagi bagi warga Kampung Babakan Dka.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #3: Dilema Masyarakat Cicalengka pada Proyek Jalur Kereta Api Ganda
Penulis Andrian Maldini Yudha7 September 2022
Tanah warga Kampung Babakan Dka, Cicalengka, kini didaulat sebagai milik PT. KAI untuk dijadikan proyek jalur kereta api ganda.
Menghukum Pelaku Pelecehan Seksual dengan Larangan Naik Kereta Api Seumur Hidup
Penulis Lintang Johar25 Juli 2022
Sorotan terhadap kasus pelecehan seksual yang menimpa seorang wanita di dalam Kereta Api Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta.
Data Jumlah Penumpang Kereta Api dari Kota Bandung 1999-2020, Anjlok di Tahun Pandemi
Penulis Sarah Ashilah4 Januari 2022
Jumlah penumpang kereta api dari Kota Bandung sangat fluktuatif di atas angka 10 juta orang per tahun. Pandemi Covid-19 sejak 2020 membuat jumlahnya anjlok.
Daftar 19 Stasiun Kereta Api yang Melayani Tes PCR selama Periode Nataru, 2 Stasiun di antaranya di Bandung
Penulis Iman Herdiana27 Desember 2021
Calon penumpang kereta api wajib memenuhi sejumlah persyaratan selama menempuh perjalanan dalam periode nataru. Antara lain, vaksinasi, tes PCR atau antigen.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (17): Stasiun Nagreg
Penulis Atep Kurnia28 November 2021
Sejak diresmikan pada 14 Agustus 1889, Stasiun Nagreg berperan penting dalam perkembangan perkebunan kina dan kopi, industri, dan militer.
BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (4): Pegawai Jawatan Kereta Api Kolonial
Penulis Atep Kurnia26 November 2021
Achmad Bassach masuk menjadi anggota serikat buruh kereta api VSTP sejak bekerja di Stasiun Cibeber pada 1917. Dari situ, semangat perlawanannya terus tumbuh.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (16): Stasiun Cicalengka
Penulis Atep Kurnia21 November 2021
Stasiun Cicalengka beroperasi sejak jalur kereta api angkutan barang dan penumpang antara Bandung-Cicalengka diresmikan pada 10 September 1884. Perannya penting.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (15): Stasiun Haurpugur
Penulis Atep Kurnia15 November 2021
Kawasan Haurpugur tempo dulu, dengan mata air Cipanas-nya, merupakan destinasi wisata populer. Stasiun Haurpugur, yang diresmikan 20 Februari 1899, punya peran.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (14): Stasiun Rancaekek
Penulis Atep Kurnia8 November 2021
Di masa lalu, Stasiun Rancaekek dimanfaatkan oleh bukan hanya penduduk Afdeeling Cicalengka, tapi juga Sumedang dan Cirebon.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (13): Stasiun Cimekar
Penulis Atep Kurnia31 Oktober 2021
Dalam peta sejarah, Stasiun Cimekar dikenal sebagai stasiun kecil Ciendog (Stopplaats Ciendog). Jalur kereta ini pernah disabotase.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (12): Stasiun Gedebage
Penulis Atep Kurnia24 Oktober 2021
Stasiun Gedebage, yang sekarang lebih dikenal orang sebagai Terminal Peti Kemas, pernah berfungsi sebagai stasiun penumpang. Berperan dalam pengembangan kawasan.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (11): Stasiun Kiaracondong
Penulis Atep Kurnia17 Oktober 2021
Sejarah Stasiun Kiaracondong ada kaitannya dengan pemindahan pabrik senjata di Surabaya, dan pendirian pabrik gas di Bandung.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (10): Stasiun Cikudapateuh
Penulis Atep Kurnia10 Oktober 2021
Stasiun Cikudapateuh mulanya dibangun untuk memberi kemudahan akses bagi penumpang 'pribumi'. Penting bagi perkembangan perkeretapian, perekonomian, dan militer.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (9): Stasiun Bandung (2)
Penulis Atep Kurnia3 Oktober 2021
Stasiun Bandung ada di pusaran kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kolonial Hindia Belanda. Dari rencana pemindahan ibu kota hingga pembangunan pusat militer.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (8): Stasiun Bandung (1)
Penulis Atep Kurnia27 September 2021
Pembukaan jalur kereta api Cianjur-Bandung pada 17 Mei 1884 disambut pesta meriah. Stasiun Bandung jadi pusat transportasi kereta api jalur barat 10 tahun kemudian.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (7): Stasiun Ciroyom
Penulis Atep Kurnia19 September 2021
Stasiun Ciroyom sejak awal dibangun untuk melayani transportasi barang. Kehadirannyai berperan penting menyokong bisnis dan industri yang tumbuh di sekitarnya.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (6): Stasiun Andir
Penulis Atep Kurnia13 September 2021
Stasiun Andir dibuka pertama kali pada 20 Februari 1899. Berperan penting dalam pengembangan kawasan, mulai dari urusan kopi, pasar, hingga lapangan terbang.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (5): Stasiun Cimindi
Penulis Atep Kurnia6 September 2021
Sejarah panjang Stasiun Cimindi berawal dari sebuah stopplaats yang dibuka pada15 Oktober 1897. Ada cerita tentang hotel dan cikal bakal Kebun Binatang Bandung.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (4): Stasiun Cimahi
Penulis Atep Kurnia29 Agustus 2021
Keberadaan Stasiun Cimahi, yang beroperasi sejak pertengahan tahun 1884, berdampak besar pada pertumbuhan kota. Terutama dalam bidang militer dan niaga.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (3): Stasiun Gadobangkong
Penulis Atep Kurnia22 Agustus 2021
Stasiun Gadobangkong mulai berfungsi sejak 20 Februari 1899. Pada 1921, stasiun yang ada di antara dua kota militer Cimahi dan Padalarang ini, diperluas.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (2): Stasiun Padalarang
Penulis Atep Kurnia15 Agustus 2021
Pengoperasian Stasiun Padalarang berdampak besar pada pertumbuhan dan pengembangan wilayah Padalarang. Luasannya bertambah, jumlah penduduknya melonjak.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (1): Dari Padalarang hingga Nagreg
Penulis Atep Kurnia8 Agustus 2021
Gagasan membuat lajur kereta api ke Bandung Raya sudah ada sejak paruh kedua abad ke-19. Ada dua motifnya, yakni kepentingan ekonomi dan pertahanan militer.
Bandung Hari Ini: Akhir Perjalanan Kereta Api Parahyangan
Penulis Tri Joko Her Riadi27 April 2021
Pada 27 April 2010, tepat hari ini 11 tahun lalu, kereta api Parahyangan berhenti melayani warga. Pembukaan Tol Cipularang jadi pemicu utamanya.
BIOGRAFI ACHMAD BASSACH (10): Di Antara Api dan Api, Menulis Eulis Atjih
Penulis Atep Kurnia7 Januari 2022
Achmad Bassach dimusuhi kalangan komunis dan nasionalis. Menulis roman Eulis Atjih yang laku keras seperti pisang goreng. Roman ini ditonilkan dan difilmkan.
Menemukan Kembali Zubaedah, yang Seorang Diri Ditinggalkan Kereta Sejarah
Penulis Zaki Fathurohman15 September 2025
Nama Zubaedah dulu rutin disandingkan dengan mahasiswa Arief Rachman Hakim (ARH) sebagai pahlawan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Kini dilupakan.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #76: Kereta Melaju, Sumber Air Terganggu
Penulis Andrian Maldini Yudha21 Januari 2025
Sumur milik warga di Kampung Babakan Dka di Cicalengka keruh dan berbau, tak lama setelah proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka rampung.
RESENSI BUKU: Menembus Dimensi Kereta Semar Lembu
Penulis Virliya Putricantika29 Desember 2024
Novel Kereta Semar Lembu mengajak pembaca ke dunia arwah dan sejarah, atau melihat sejarah kelam dari orang-orang mati.
Nostalgia Balap Kereta Peti Sabun di Sabuga ITB
Penulis Prima Mulia24 Desember 2024
Balap kereta peti sabun populer di era 1980-an. Olahraga nostalgia ini dimainkan di Sabuga ITB, diikuti generasi milenial dan gen z.
Merayakan Ulang Tahun Komunitas Edan Sepur Ulang Tahun Ke-15 dengan Mengedukasi Masyarakat Disiplin di Perlintasan Kereta
Penulis Fauziansyah Hartadi 7 Juli 2024
Kegiatan disiplin perlintasan ala komunitas Edan Sepur bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran di perlintasan kereta api dan mencegah terjadinya kecelakaan.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #53: Tragedi Kecelakaan Kereta Cicalengka dan Buruknya Transportasi Publik Kita
Penulis Nurul Maria Sisilia16 Januari 2024
Kecelakaan kereta di Cicalengka membukakan kenyataan bahwa transportasi publik kita belum merata dan saling terintegrasi dengan baik dan mudah.
Mempertanyakan Hak-hak Publik dalam Operasional Kereta Cepat Whoosh dan Proyek Infrastruktur Lainnya
Penulis Iman Herdiana3 Januari 2024
Pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat menyisakan pertanyaan bagaimana pemenuhan hak-hak publik atau warga terdampak.
Pentingnya Disiplin di Perlintasan Sebidang, Belajar dari Kecelakaan Feeder Kereta Cepat
Penulis Awla Rajul15 Desember 2023
Pintu perlintasan kereta api berfungsi mengamankan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang agar tidak terganggu pengguna jalan lain.
Menengok Warga Terdampak Pembangunan Kereta Cepat di Purwakarta
Penulis Iman Herdiana8 Desember 2023
Kereta cepat Whoosh sudah hilir mudik Jakarta Bandung. Sejumlah warga di Purwakarta masih merasakan dampak buruk pembangunan proyek strategis nasional ini.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #48: Menua di Kereta
Penulis Noor Shalihah20 November 2023
Permukiman di perkotaan bergerak ke arah pinggiran karena kota semakin padat. Moda transportasi kereta jadi pilihan karena menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
Perdebatan Netizen dan Penamaan Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Chen Die21 Oktober 2023
Presiden Joko Widodo memberi nama “Whoosh” untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, terinspirasi dari bunyi yang dihasilkan ketika kereta cepat melesat dengan kencang.
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Meluncur, Mobil Travel akan semakin Menjamur?
Penulis Awla Rajul15 Oktober 2023
Masyarakat masih dalam euforia Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. Mobil travel menjadi pesaing utama karena ongkosnya lebih murah.
AGENDA BANDUNG: Dari Diskusi Kritik Kereta Cepat, Bedah Buku Sidik Kertapati, hingga Pameran Seni, 6-28 Oktober 2023
Penulis Iman Herdiana6 Oktober 2023
Agenda Bandung pekan ini menyajikan banyak diskusi, mulai dari kritik lingkungan terhadap kereta cepat, hingga bedah buku, seni, dan pameran.
Sebelum Whoosh, Ada Eendaagsche Express sebagai Kereta Cepat era Hindia Belanda
Penulis Danil Kasputra2 Oktober 2023
Kereta Api Eendaagsche Express dirancang sebagai sarana transportasi yang sangat cepat pada zamannya. Menempuh perjalanan Batavia-Surabaya dalam 13 jam 30 menit.
Kritik dan Saran dari Calon Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Awla Rajul6 Juli 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi bisa dinaiki masyarakat umum. Calon penumpang dari Bandung berharap sepur kilat ini bisa dijangkau semua kalangan.
PROFIL KOMUNITAS EDAN SEPUR: Mengabdikan Diri pada Transportasi Kereta
Penulis Awla Rajul11 Maret 2023
Komunitas Edan Sepur merupakan komunitas pencinta kereta api. Mayoritas anggotanya anak muda.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Menelusuri Jalan SS, Jalur Mati Kereta Api Rancaekek-Tanjungsari
Fotografer Prima Mulia8 Januari 2022
Jalur mati kereta api Rancaekek-Tanjungsari yang merentang sepanjang 11 kilometer menyisakan sedikit sekali artefak. Warga yang meninggalinya menyebutnya Jalan SS.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Massa
Fotografer Prima Mulia30 Agustus 2025
Api Massa Jumat, 29 Agustus 2025 kawasan DPRD Jabar, Bandung penuh api dari massa yang bersolidaritas untuk Affan Kurniawan.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Api Malam 1 Suro
Fotografer Prima Mulia28 Juni 2025
Tradisi sembur api dan sepak bola api di perayaan malam 1 Suro tahun baru Islam di Masjid Safinatussalam, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung sudah turun temurun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.