Membandingkan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Ongkos Kereta Api dan Kendaraan Pribadi
Penulis Iman Herdiana21 September 2023
Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan 250.000-300.000 rupiah. Angka ini dinilai lebih mahal dibandingkan naik kereta api atau kendaraan pribadi.
Kritik dan Saran dari Calon Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Awla Rajul6 Juli 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tak lama lagi bisa dinaiki masyarakat umum. Calon penumpang dari Bandung berharap sepur kilat ini bisa dijangkau semua kalangan.
Perdebatan Netizen dan Penamaan Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Chen Die21 Oktober 2023
Presiden Joko Widodo memberi nama “Whoosh” untuk kereta cepat Jakarta-Bandung, terinspirasi dari bunyi yang dihasilkan ketika kereta cepat melesat dengan kencang.
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Meluncur, Mobil Travel akan semakin Menjamur?
Penulis Awla Rajul15 Oktober 2023
Masyarakat masih dalam euforia Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. Mobil travel menjadi pesaing utama karena ongkosnya lebih murah.
Menanti Tanggung Jawab Pemulihan Lingkungan dan Warga Terdampak Megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penulis Sherani Soraya Putri11 Januari 2023
Warga terdampak megaproyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di perumahan Tipar Silih Asih, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sampai kini menunggu perhatian.
Warga Terdampak Kereta Cepat di Bandung Merespons KTT G20 di Bali
Penulis Iman Herdiana16 November 2022
Baik KTT G20 maupun Kereta Cepat Jakarta Bandung dinilai sebagai pintu masuk gelombang investasi besar ke negeri ini.
AGENDA BANDUNG: Dari Diskusi Kritik Kereta Cepat, Bedah Buku Sidik Kertapati, hingga Pameran Seni, 6-28 Oktober 2023
Penulis Iman Herdiana6 Oktober 2023
Agenda Bandung pekan ini menyajikan banyak diskusi, mulai dari kritik lingkungan terhadap kereta cepat, hingga bedah buku, seni, dan pameran.
Pentingnya Disiplin di Perlintasan Sebidang, Belajar dari Kecelakaan Feeder Kereta Cepat
Penulis Awla Rajul15 Desember 2023
Pintu perlintasan kereta api berfungsi mengamankan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang agar tidak terganggu pengguna jalan lain.
Menengok Warga Terdampak Pembangunan Kereta Cepat di Purwakarta
Penulis Iman Herdiana8 Desember 2023
Kereta cepat Whoosh sudah hilir mudik Jakarta Bandung. Sejumlah warga di Purwakarta masih merasakan dampak buruk pembangunan proyek strategis nasional ini.
Sebelum Whoosh, Ada Eendaagsche Express sebagai Kereta Cepat era Hindia Belanda
Penulis Danil Kasputra2 Oktober 2023
Kereta Api Eendaagsche Express dirancang sebagai sarana transportasi yang sangat cepat pada zamannya. Menempuh perjalanan Batavia-Surabaya dalam 13 jam 30 menit.
Walhi Jabar: Selamatkan Lingkungan dan Rakyat, bukan Proyek Kereta Cepat
Penulis Endah Lismartini15 Oktober 2021
Tak ada penyelesaian atas rusaknya belasan hektare sawah dan rusaknya rumah-rumah warga yang terdampak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Mempertanyakan Hak-hak Publik dalam Operasional Kereta Cepat Whoosh dan Proyek Infrastruktur Lainnya
Penulis Iman Herdiana3 Januari 2024
Pembangunan proyek strategis nasional di Jawa Barat menyisakan pertanyaan bagaimana pemenuhan hak-hak publik atau warga terdampak.
CERITA ORANG BANDUNG #82: Jalan Bareng Cahyadi, Sopir Travel Bandung Jakarta
Penulis Ivan Yeremia29 Oktober 2024
Hampir sepanjang hidupnya Cahyadi bekerja di balik kemudi. Menikmati pekerjaannya sebagai sopir travel meski tak ada hari libur resmi.
Musim Hujan Kota Bandung Datang lebih Cepat
Penulis Bani Hakiki17 September 2021
BMKG memprediksi musim penghujan disertai potensi bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, angin kencang, hujan es) yang perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Seruan Boikot Restoran Cepat Saji yang Terafiliasi dengan Israel Menggema di Bandung
Penulis Muhammad Akmal Firmansyah10 Juni 2024
Aksi seruan boikot dilakukan KAMMI Kota Bandung dan FSLDK Baraya dilakukan di beberapa restoran cepat saji McDonald's, KFC, Starbucks yang tersebar di Bandung.
Cerita Orang Bandung (19): Jiwa Rocker Penjual Minuman Cepat Saji
Penulis Bani Hakiki25 Juli 2021
Fajar Setiadi (38), akrab disapa Jey, menetap di Bandung setelah mengembara ke berbagai kota. Ironisnya, impian jadi seniman musik harus berhenti di kota ini.
Data Perkembangan Jumlah Penduduk Kota Bandung di Era Orde Baru 1967-1998, Terus Bertambah Makin Cepat
Penulis Sarah Ashilah12 November 2021
Dari tahun 1967 hingga 1998, jumlah penduduk Kota Bandung terus bertambah dalam laju pertumbuhan yang makin cepat. Pada 1998, jumlahnya mencapai 2.501.506 jiwa.
Inovasi Covid-19 Buatan Kampus Bandung, Tameng Wajah 3 in 1 Sampai Tes Cepat
Penulis Iman Herdiana3 April 2021
Pandemi Covid-19 menuntut lahirnya inovasi untuk melawan virus Corona. Agar pandemi yang berkepanjangan ini bisa diredam.
Tuntutan Penuntasan Kasus HAM, antara Bandung dan Jakarta
Penulis Iman Herdiana9 Desember 2021
Penuntasan kasus HAM akan terus disuarakan dari generasi ke generasi, walaupun rezim penguasa berganti. Hari Pembela HAM Internasional menguatkan tuntutan ini.
BANDUNG HARI INI: G30S Meletus di Jakarta, Situasi Sepi yang Ganjil di Kota Kembang
Penulis Tri Joko Her Riadi30 September 2023
Pada masa Orde Baru, film G30S rutin diputar. Di hari Gestapu, situasi Bandung sepi, tetapi militer dalam kondisi bersiap.
Persib Melawan SV Austria Salzburg, Kalah di Jakarta, Imbang di Bandung
Penulis Audi Maulana Yusuf25 Februari 2022
Amat disayangkan bahwa kini Persib jarang tampil di tingkat internasional. Dengan sejarahnya yang panjang, Persib seharusnya sering tampil di pentas internasional.
Batu Karang, Band Anak SMA Asal Bandung Penggoncang Istora Senayan Jakarta 1967
Penulis Ojel Sansan Yusandi21 Juni 2024
Harry Pochang saat SMA tahun 1965 mendirikan band rock “Batu Karang”. Harry Roesli kemudian bergabung. Manggung di pesta rumahan hingga Istora Senayan Jakarta.
Menengok Segitiga Wisata Jakarta, Bogor, dan Bandung
Penulis Tri Joko Her Riadi15 Mei 2021
Jejak segitiga wisata Jakarta, Bogor, dan Bandung bisa ditemukan dalam buku-buku catatan, promosi, atau panduan wisata tempo dulu. Berjaya sebelum Tol Cipularang.
Bandung Raya Perlu Belajar Membenahi Transportasi Publik dari DKI Jakarta
Penulis Rendra Elgiawan10 Oktober 2022
Zaman sudah berubah. Transportasi umum Bandung Raya pun harus dibenahi sesuai dengan perkembangan zaman.
Pejalan Kaki Terancam Celaka Menyeberang di Jalur Cepat Jalan Sukarno Hatta
Penulis Repi M Rizki31 Januari 2024
Beberapa mahasiswa pengguna jalan mengaku takut jika menyeberang Jalan Sukarno Hatta. Jembatan penyeberangan orang (JPO) tidak membantu.
Adu Cepat Melawan Fast Fashion
Penulis Kayleen Jessica27 Oktober 2021
“Fast fashion” mendorong industri tekstil dan garmen menjadi salah satu kontributor gas rumah kaca dan jejak karbon yang lebih besar dari sektor industri lain.
Eksistensi Kuliner Lokal dalam Menghadapi Menjamurnya Makanan Cepat Saji
Penulis Iman Herdiana14 Agustus 2023
Kuliner tradisional tetap tumbuh bersaing dengan makanan cepat saji (fast food) atau masakan Korea. Mereka hadir dengan nama-nama lokal yang unik.
MAHASISWA BERSUARA: Cara Cepat Membaca Kinerja Perusahaan dari Laporan Keuangan
Penulis Giselle Chang20 Juni 2023
Kinerja satu perusahaan bisa di intip dari laporan keuangan yang dipublikasikan perusahaan. Salah satu cara membacanya dengan menggunakan analisa rasio.
MEMORABILIA BUKU (17): Mengunjungi Penerbit Pustaka Sinar Harapan di Jakarta
Penulis Deni Rachman7 November 2021
Buku-buku terbitan Pustaka Sinar Harapan yang mulai langka, laku diburu pembaca. Manajemennya bubar pada 2013, gedung kantornya kini sudah rata dengan tanah.
MEMOAR ANAK BETAWI PERANTAU #33: Pulang ke Jakarta Setelah Jadi Karyawan, Kemalaman di Jalan, Kehabisan Angkutan
Penulis Asmali19 Mei 2024
Pulang ke Jakarta sebulan sekali selepas kerja pada Jumat sore. Kehabisan angkutan kendaraan umum menuju rumah di Terminal Blok M sudah biasa.
MEMOAR ANAK BETAWI PERANTAU #2: Jakarta Yang Dulu, Bukan Yang Sekarang
Penulis Asmali10 September 2023
Perkampungan di Jakarta tahun 1960an masih lenggang. Satu rumah dengan yang lain diselang kebun dan tanah lapang. Rumah-rumahnya masih separuh bilik dan papan.
UU TPKS Disahkan, LBH Jakarta Mengungkap 10 Catatan Penting untuk DPR RI
Penulis Iman Herdiana14 April 2022
Lahirnya UU TPKS tak lepas dari perjalanan panjang yang diperjuangkan para pegiat atau aktivis maupun korban kekerasan seksual.
Peringatan Setahun Wadas Melawan: Putusan PTUN Jakarta Menyatakan Penambangan di Desa Wadas Ilegal
Penulis Ahmad Fikri9 Februari 2023
Peringatan setahun aksi represif pada warga Desa Wadas yang menolak wilayahnya jadi lokasi tambang batu andesit. Putusan PTUN Jakarta menyatakannya tambang ilegal.
Kerwappa Menyetujui Revitalisasi Pasar Banjaran, Ratusan Pedagang Melanjutkan Perjuangan ke Jakarta
Penulis Awla Rajul26 Juli 2023
Meski Kerwappa Pasar Banjaran sudah menyepakati revitalisasi, masih ada ratusan pedagang memilih melanjutkan penolakan.
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Memutuskan Menunda Pemilu 2024, Demokrasi dalam Bahaya
Penulis Iman Herdiana3 Maret 2023
Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi mendesak Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial memeriksa hakim PN Jakarta Pusat yang memutuskan Pemilu 2024 ditunda.
HARU SUANDHARU SIAP NYALON GUBERNUR: Beda Jauh APBD Jabar dan DKI Jakarta
Penulis Awla Rajul1 Mei 2024
Jawa Barat memiliki jumlah penduduk jauh lebih besar dibandingkan DKI Jakarta, tetapi APBD-nya jauh lebih kecil. Transfer dana dari pusat harus diperbesar.
Warga Dago Elos Geruduk Jakarta demi Hak atas Tanah
Penulis Muhammad Andi Firmansyah10 Oktober 2023
Forum Dago Melawan melakukan aksi Geruduk Jakarta untuk mengadukan kasus dugaan penipuan oleh keluarga Muller yang mengklaim tanah Dago Elos.
Kasus Drop Out Sepihak STIE Inaba, Muhamad Ari Menunggu Keadilan dari PTUN Jakarta
Penulis Iman Herdiana14 Juli 2022
Muhamad Ari di-DO karena mengkritik kebijakan kampus, menuntut keringanan biaya kuliah bagi teman-temannya yang terdampak pagebluk Covid-19.
10 Menit Meraih Juara Pertama Lomba Film Pendek STF Driyarkara Jakarta
Penulis Iman Herdiana19 Mei 2022
Film pendek buatan mahasiswa Unpar ini berpesan, ketika pandemi sudah reda, hendaknya jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk tidak mau berjumpa dengan orang lai
MAHASISWA BERSUARA: Apa Jadinya Jakarta Tanpa Gelar Ibu Kota?
Penulis Faiz Nabawi5 Februari 2024
Pemindahan ibu kota menimbulkan pertanyaan serius mengenai perubahan fungsi ruang di Jakarta. Bagaimana tata ruang di Jakarta akan direstrukturisasi?
MAHASISWA BERSUARA: Membuang-buang Ruang, Jakarta Tidak Siap dengan Arsitektur Defensif
Penulis Aaqillah N. Alaine31 Januari 2024
Jakarta sebagai ibukota negara terkesan ingin lebih protektif dengan fasilitas umumnya agar tidak rusak dan fungsinya berkelanjutan.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (8): Stasiun Bandung (1)
Penulis Atep Kurnia27 September 2021
Pembukaan jalur kereta api Cianjur-Bandung pada 17 Mei 1884 disambut pesta meriah. Stasiun Bandung jadi pusat transportasi kereta api jalur barat 10 tahun kemudian.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #54: Paradoks Pembangunan Jalur Kereta Api Ganda Cicalengka-Bandung
Penulis Andrian Maldini Yudha25 Januari 2024
Proyek pembangunan jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka sedang dikebut agar rampung di tahun 2024 ini. Pengerjaan proyek berdampak pada warga Kampung Dka.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (9): Stasiun Bandung (2)
Penulis Atep Kurnia3 Oktober 2021
Stasiun Bandung ada di pusaran kebijakan-kebijakan strategis pemerintah kolonial Hindia Belanda. Dari rencana pemindahan ibu kota hingga pembangunan pusat militer.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #8: Menilik Kembali Dinamika Proyek Jalur Kereta Api Ganda Bandung-Cicalengka
Penulis Andrian Maldini Yudha12 Oktober 2022
Di balik berlangsungnya proyek jalur kereta api ganda Bandung-Cicalengka, menimbulkan keresahan bagi bagi warga Kampung Babakan Dka.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (12): Stasiun Gedebage
Penulis Atep Kurnia24 Oktober 2021
Stasiun Gedebage, yang sekarang lebih dikenal orang sebagai Terminal Peti Kemas, pernah berfungsi sebagai stasiun penumpang. Berperan dalam pengembangan kawasan.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (1): Dari Padalarang hingga Nagreg
Penulis Atep Kurnia8 Agustus 2021
Gagasan membuat lajur kereta api ke Bandung Raya sudah ada sejak paruh kedua abad ke-19. Ada dua motifnya, yakni kepentingan ekonomi dan pertahanan militer.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (5): Stasiun Cimindi
Penulis Atep Kurnia6 September 2021
Sejarah panjang Stasiun Cimindi berawal dari sebuah stopplaats yang dibuka pada15 Oktober 1897. Ada cerita tentang hotel dan cikal bakal Kebun Binatang Bandung.
CATATAN DARI BANDUNG TIMUR #14: Rekonstruksi Stasiun Kereta Api Cicalengka dan Pupusnya Masa Lalu
Penulis Andrian Maldini Yudha7 Desember 2022
Stasiun Cicalengka kaya akan nilai-nilai historis. Namun semua itu akan habis tidak ada yang tersisa.
SEJARAH KERETA API DI BANDUNG RAYA (11): Stasiun Kiaracondong
Penulis Atep Kurnia17 Oktober 2021
Sejarah Stasiun Kiaracondong ada kaitannya dengan pemindahan pabrik senjata di Surabaya, dan pendirian pabrik gas di Bandung.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Kereta Cepat untuk Siapa?
Fotografer Prima Mulia1 Oktober 2023
Masa konsesi Kereta Cepat Jakarta Bandung selama 80 tahun. Jika target tidak tercapai, bagaimana masa depan kereta cepat berbiaya fantastis ini?
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Yang Ditinggalkan Kereta Cepat
Fotografer Virliya Putricantika2 Oktober 2023
Ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung siap melaju, Inah meratap di Kampung Pasir Salam. Lahan sawah berubah menjadi tumpukan berangkal, aliran sungai tertimbun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Di Kereta Pertama ke Bandung
Fotografer Virliya Putricantika2 Januari 2023
Bagi mereka yang naik kereta pagi pertama dari Padalarang ke Bandung, tidak ada kemewahan waktu untuk terlelap akibat kelelahan merayakan pergantian tahun.
Pabrik Kerupuk Jadul Bandung di Persimpangan Jalur Kereta
Fotografer Prima Mulia12 Desember 2021
Sejarah panjang kerupuk jadul Bandung ini membentang sejak tahun 1950-an, dirintis oleh para perantau dari Jawa Tengah. Mereka bertahan hidup di atas rel zaman.
Mimpi Menghidupkan Kembali Jalur Kereta Api Mati Bandung Ciwidey
Fotografer Prima Mulia27 Agustus 2022
Pada 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menghidupkan lagi jalur kereta mati Bandung Ciwidey. Bukan rencana mudah dan murah.
MATA BANDUNG: Membandingkan Trotoar Jalan Dago dan Jalan Ciumbuleuit
Penulis Tim Redaksi25 Maret 2023
Trotoar Jalan Dago sangat nyaman dan bahkan terkesan mewah. Namun, trotoar Jalan Ciumbuleuit sangat membahayakan warga. Kami menjajal keduanya.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod
Penulis Dimas Rachmatsyah3 Maret 2021
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.